Memperingati HUT RI ke-77, 630 Keluarga di Papua dan Papua Barat Dapatkan Listrik Gratis

0
72
Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, pegawai PT PLN (Persero) berinisiatif memberikan bantuan berupa biaya penyambungan listrik gratis kepada 630 keluarga kurang mampu di Papua dan Papua Barat (Foto: PLN)

(Vibizmedia  – Jayapura) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, pegawai PT PLN (Persero) berinisiatif memberikan bantuan berupa biaya penyambungan listrik gratis kepada 630 keluarga kurang mampu di Provinsi Papua dan Papua Barat. Bantuan ini diberikan melalui program Light Up The Dream . Masyarakat yang belum tersentuh listrik selama ini akhirnya bisa menjalankan aktivitas lebih baik dengan memanfaatkan listrik PLN.

Abraham Koromari, salah satu warga Kota Jayapura penerima program Light Up The Dream,  mengungkapkan bahwa dahulu mereka tidak dapat menikmati listrik. Itu sebabnya ia merasa sangat bangga dan atas nama seluruh keluarganya ia mengucapkan terima kasih atas  bantuan yang diberikan PLN. Kalau sebelumnya mereka menggunakan pelita, tapi dengan adanya listrik ia berharap anak-anaknya bisa belajar dengan lebih baik. Ia mengucapkan rasa syukurnya atas listrik yang sekarang mereka nikmati.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat, Moch Andy Adchaminoerdin mengaku bersyukur dapat membantu masyarakat kurang mampu yang selama ini belum dapat menikmati listrik.

Sebelumnya, sebagian besar warga penerima manfaat ini hanya menggunakan lampu pelita untuk penerangan pada malam hari. Melalui program ini, diharapkan listrik yang tersedia dapat memberikan manfaat dan penunjang aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat.

Andy mengatakan bahwa bantuan penyambungan listrik gratis ini berasal dari donasi pegawai PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat. Ia bersama seluruh pegawai yang berdonasi merasa bersyukur bisa menyisihkan sebagian rezeki untuk membantu masyarakat di Tanah Papua supaya bisa merasakan akses listrik.

Selain di Jayapura, program ini serentak dilakukan di 7 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN lainnya di wilayah Papua dan Papua Barat. Dari total 630 keluarga kurang mampu yang menerima bantuan tersebut, wilayah PLN UP3 Nabire menjadi penerima bantuan terbanyak sejumlah 300 keluarga.

Andy menambahkan juga bahwa untuk ke depannya mereka berusaha agar program Light Up The Dream akan bisa terus berkelanjutan.

Andy menerangkan, program Light Up The Dream merupakan program bantuan penyambungan listrik tanpa biaya hasil dari donasi yang dilakukan oleh pegawai PLN dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan listrik.

Secara Nasional, hingga 17 Agustus 2022 sebanyak 3.306 keluarga mendapat bantuan biaya sambung listrik dari program kepedulian pegawai Light Up The Dream.