Presiden di Jamnas XI, 2022: Wujudkan Pramuka Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi

0
100
Pramuka
Presiden Jokowi tinjau Jambore Nasional XI Tahun 2022, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur,19 Agustus 2022 (Foto: Tweeter Setkab)

(Vibizmedia – Nasional) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan yang mengangkat tema “Melalui Kegiatan Jamnas XI 2022, Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi”. Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara setelah mengunjungi para pramuka penggalang di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta, Jumat (19/08/2022) pagi.

Pada saat memberikan keterangan setelah meninjau kegiatan Jambore Pramuka, Presiden menilai bahwa kegiatan Jamnas tahun ini sangat baik karena beragam kegiatan dapat diikuti oleh para pramuka penggalang.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso.

“Saya kira kegiatannya sangat beragam. Keterampilan ada, teknologi ada, alam ada, budaya ada. Saya kira sangat bagus,” ujar Presiden.

Disampaikan bahwa kegiatan Jambore tahun ini tidak hanya berhubungan dengan alam, tetapi juga lingkungan hidup dan pengenalan warisan budaya tak benda Indonesia berupa batik kepada para pramuka penggalang.

“Tadi saya lihat sudah bermacam-macam kegiatan baik yang berkaitan dengan sampah plastik itu isu lingkungan, ada yang juga panjat tebing, dikenalkan dari daerah-daerah yang belum ada batik membuat batik,” lanjut Presiden.

Selain itu, Presiden juga mengapresiasi adanya pengenalan teknologi digital kepada para penggalang melalui zona kampung digital dan komputasi awan.

“Saya lihat juga tadi anak-anak dikenalkan dengan teknologi, dengan digital, cara membuat website, cara bermain di e-sport,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Jamnas XI Tahun 2022 telah dilakukan sejak tanggal 14 Agustus lalu yang juga bertepatan dengan Hari Pramuka Ke-61. Jamnas tahun ini diikuti oleh pramuka penggalang dari seluruh kabupaten/kota di tanah air dengan rentang usia 11-15 tahun. Selain itu, Jamnas juga diikuti oleh peserta dari luar negeri.