Kemeriahan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Lima, Peru

0
92
HUT RI Lima
Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di KBRI Lima, Peru, 17 Agustus 2022 (Foto: Kemlu)

(Vibizmedia – Lima, Peru) Warga Indonesia yang berada jauh dari tanah air tetap berantusias memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77. Meski dilalui dalam suhu udara dingin, semarak dan kemeriahan perayaan HUT RI ke-77 tetap dapat dirasakan di kota  Lima, Peru.

HUT RI 77 LIMA
Penaikan Bendera Merah Putih di KBRI LIma, Peru , 17 Agustus 2022 (Foto: Kemlu)

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77 dilaksanakan di  halaman kantor KBRI Lima pada tanggal (17/8), dipimpin oleh  Duta Besar Republik Indonesia untuk Peru merangkap Bolivia,   Marina Estella Anwar Bey. 

Peserta upacara lainnya ada sejumlah sekitar 70 orang yang terdiri dari staf KBRI Lima, Dharma Wanita Persatuan, rohaniwan, diaspora Indonesia, serta Friends of Indonesia, antara lain pengajar dan alumnus kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing serta alumni Beasiswa Darmasiswa. Selain itu juga dihadiri oleh tiga orang atlet bulu tangkis Indonesia yang sedang dikontrak Federasi Bulu Tangkis Peru dalam persiapan tim nasional Peru mengikuti Pan American Games 2023 di Santiago dan Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris.

Upacara juga ditayangkan secara online melalui media zoom meeting karena masih menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, juga untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia di Peru dan Bolivia yang tidak dapat hadir secara fisik.

Suhu udara yang dingin yaitu berkisar sekitar 15°C tidak menghalangi berjalannya  upacara dengan tertib dan khidmat. Keantusiasan terlihat pada para  peserta upacara yang hadir, khususnya WNI, karena dalam dua tahun terakhir pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI di Lima dilaksanakan secara sangat terbatas.

Dalam peringatan HUT Kemerdekaan  ini, juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Dubes RI sebagai tanda syukur. Juga disajikan berbagai kue tradisional serta masakan khas Indonesia dalam santap siang kepada para hadirin.

HUT RI 77 LIMA
Pemotongan tumpeng oleh Dubes RI sebagai tanda syukur (Foto: Kemlu)

Acara selanjutnya, setelah upacara pengibaran Bendera Negara Sang Merah Putih berakhir, diadakan seminar bertajuk “Legal Update: Hukum Perkawinan Peru” dengan narasumber seorang pengacara profesional bernama Jorge Luis Otero Monteza yang juga pengajar hukum di Universidad Nacional Mayor de San Marcos dan Pontificia Universidad Católica del Perú.

Seminar ditujukan bagi WNI yang melakukan perkawinan campur dengan Warga Negara Peru, dengan tujuan  mereka dapat memahami hak dan kewajiban mereka ketika terikat dalam  perkawinan serta konsekuensi di dalamnya. Seminar diadakan karena semakin bertambahnya jumlah pasangan kawin campur antara WNI dan Warga Negara Peru.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Lima, diakhiri dengan Upacara Penurunan Sang Dwiwarna pada sore hari yang kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menyantap bakso dan berkaraoke.

Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Peru juga ditunjukkan oleh Radio Cultural del Perú – Filarmonía 102.7 FM yang pada pagi hari mengadakan program khusus terkait Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyiarkan sambutan Duta Besar Republik Indonesia untuk Peru merangkap Bolivia serta memperdengarkan ragam musik tradisional Indonesia selama satu jam.

Baca: Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di KJRI Davao City, Filipina Selatan