Batik Mendekatkan Indonesia dengan Turki

0
92
Diplomasi Batik di Turki
Ibu Negara Turki, Mdm. Emine Erdogan mengenakan Batik Genthong Uma yang anggun, merupakan sebuah tanda mata dari Konsul Jenderal RI di Istanbul dan ibu Novianti As'ari (Foto: Kemlu)

(Vibizmedia – Istanbul, Turki)   Kedekatan Indonesia dan Turki telah terjalin baik, salah satunya adalah melalui batik Indonesia. Ini merupakan bahasa diplomasi yang mendekatkan kedua negara. Hal ini nampak ketika  Ibu Negara Turki, Mdm. Emine Erdogan mengenakan Batik Genthong Uma yang anggun, merupakan sebuah tanda mata dari Konsul Jenderal RI di Istanbul dan ibu Novianti As’ari.  Pemberian tanda mata ini disertai harapan tulus agar hubungan bilateral Indonesia dan Turki semakin kuat di segala lini dan warisan budaya Indonesia khususnya hasanah wastra Batik Genthong Uma semakin dikenal di kalangan internasional.

Bagaimana awal mula Batik Genthong Uma dikenal Ibu Negara Turki? Hal ini bermula ketika Wastra Batik tersebut dikenakan oleh Ibu Novianti Asari pada suatu event pameran kuliner di Balikesir, Turki. Dari perkenalan tersebut, rasa cinta Ibu Negara Turki pada Batik Indonesia kembali ditunjukkan dengan dikenakannya Busana Batik Genthong Uma pada suatu event kenegaraan ketika Presiden Turki , Recep Tayib Erdogan menerima kunjungan kenegaraan Raja Malaysia. Hal ini membuktikan bahwa kain Batik dan desain Batik Indonesia sudah mulai meluas diterima oleh masyarakat Internasional termasuk kalangan elit Turki.

diplomasi batik Indonesia di Turki