Para Delegasi G20 Berikan Apresiasi Presidensi G20 Indonesia

0
136
Para Delegasi G20 Berikan Apresiasi Presidensi G20 Indonesia
(Photo: Kemenkeu)

(Vibizmedia-Nasional) Para delegasi G20 menyampaikan apresiasi atas kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) pada saat situasi dunia penuh tantangan, seperti konflik geopolitik Rusia-Ukraina, kenaikan komoditas, pangan, dan energi yang memicu inflasi. Salah satunya apresiasi disampaikan Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Minggu (17/07).

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Wempi Saputra mengatakan terdapat dua poin apresiasi yang secara tegas disampaikan oleh para delegasi. Pertama, peran Indonesia dalam menyelenggarakan dialog yang lengkap dan proporsional. Kedua, keberanian Indonesia untuk mendorong aksi nyata.

Masing-masing partisipan diberikan kesempatan secara proporsional. Kita menjaga keutuhan G20. Ini maybe one of the biggest achievement, demikian sebagian anggota G20 katakan. Kalau tidak, nanti G20 bisa pecah jika kita cenderung kepada kelompok tertentu. Namun, Indonesia berada di tengah-tengah, demikian disampaikan Wempi.

Sebagai tuan rumah, Indonesia berupaya menyajikan hospitality yang bagus. Mulai dari makanan dan minuman enak, pertunjukan beragam, hingga side event menarik. Wempi mengatakan muncul kalimat pujian dari para delegasi bahwa keramahtamahan Indonesia tak tertandingi.

Wempy sampaikan bahwa menurut mereka, Indonesia is always a perfect host. Hospitality-nya unmatch. Mulai dari liaison officer yang keren, sapaannya bagus, knowledgeable tapi juga rapi dan wangi. Scenery oke, kopi enak, makanan enak, ruangan comfortable. Para delegasi tidak pernah protes sedikitpun.

Meski terjadi banyak diskusi di antara para partisipan, Indonesia juga fokus mendorong ada aksi nyata dari tiap pertemuan yang memberi dampak signifikan bagi masyarakat dunia. Kita harapkan supaya G20 tidak bicara retorika saja, tetapi menyampaikan aksinya.

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2022 Tetap Menguat di Tengah Tren Perlambatan Global