Serunya Perayaan HUT RI ke-77 Di Madrid, Spanyol

0
66
HUT Kemerdekaan RI ke -77 di Madrid

(Vibizmedia – Madrid, Spanyol) Gelombang panas ekstrim  sepanjang musim panas di Spanyol telah berlalu. Kemeriahan perayaan HUT RI ke-77 diwarnai dengan  perubahan cuaca dan udara yang sejuk.

HUT Kemerdekaan RI ke -77 di Madrid
Upacara pengibaran bendera Merah Putih diselenggarakan di kantor KBRI Madrid pada 17/8/2022 (Foto: Kemlu)

Upacara pengibaran bendera Merah Putih diselenggarakan di kantor KBRI Madrid pada 17/8/2022, dengan  dipimpin Duta Besar Dr. Muhammad Najib dan Asisten Athan Mayor (AD) Yahya Wisnu Gutama berlaku sebagai komandan upacara. Upacara juga disiarkan melalui youtube karena masih diterapkannya protokol kesehatan COVID-19.

HUT Kemerdekaan RI Ke77 di Madrid
Pemotongan Tumpeng Mensyukuri HUT Kemerdekaan RI ke-77 (Foto: Kemlu)

Dubes RI Madrid juga melakukan pengambilan tumpeng dan pemotongan kue ulang tahun Kementerian Luar Negeri ke-77 sebagai  bentuk ucapan syukur. Penerima tumpeng pertama adalah diaspora Indonesia paling senior di Spanyol, juga influencer dari kota Barcelona dan Castellon. Sementara kepala kanselerai KBRI Madrid, Bayu Hari Saktiawan, mewakili segenap staf dan jajaran, menerima potongan pertama kue kemlu, yang berulang tahun ke-77 pada 19 Agustus.

Acara dihadiri sekitar  75 hadirin yang antusias bersilaturahmi satu sama lain.  Terlihat juga  sejumlah anak berkostum ala siswa sekolah dasar Indonesia, sejumlah youtuber dan beberapa WNI yang singgah dari Belanda. Acara juga dimeriahkan oleh pemenang sayembara HUT RI ke-77 yang secara khusus datang dari Indonesia, Ibu Damajanti dan Ibu Dwi Eko.

Sayembara berhadiah menjadi gebrakan Dubes Najib untuk mendekatkan masyarakat dengan diplomasi. Ia menyatakan, dengan diutusnya warga biasa untuk berdiplomasi di Spanyol, ia harapkan bisa meningkatkan ketertarikan dan mendekatkan masyarakat dengan kinerja perwakilan-perwakilan RI di luar negeri, khususnya KBRI Madrid.

KBRI Madrid juga melakukan kegiatan perayaan HUT RI ke -77  yang informal pada 21 Agustus 2022. Kegiatan yang dilakukan adalah jalan santai Merah Putih yang memenuhi jalan protokol Madrid. Masyarakat setempat dan wisatawan mancanegara yang melintasi ikon-ikon kota Madrid menyaksikan 96 peserta berbusana merah dan putih berjalan kaki, tetapi ada juga yang mengendarai segway, menaiki scooter dan bersepeda.

h jalan santai Merah Putih yang memenuhi jalan protokol Madrid.
HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Madrid
Kegiatan jalan santai Merah Putih memenuhi jalan protokol Madrid, 21 Agustus 2022 (Foto: Kemlu)

Rute sepanjang 1,5 kilometer tersebut dimulai dari Puerta de Alcala, gerbang jalan raya historis; Plaza de Cibeles, yang dikenal sebagai tempat berpesta pendukung Real Madrid; Fuente de Neptuno, pancuran pesta supporter bola Atletico Madrid; dan berakhir di Parque de Retiro, “Central Park” kota Madrid. Acara diakhiri dengan piknik di taman dan pemberian hadiah kepada pemenang pakaian terunik.

Tak berhenti di situ, KBRI Madrid juga menyelenggarakan lomba video satu menit bertemakan “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” kepada WNI yang tinggal di Spanyol. Masyarakat Indonesia di Spanyol berjumlah di atas 1.500 orang dan mayoritas memiliki perhatian tinggi dengan unjuk kreativitas di media sosial. Dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku diplomasi melalui diseminasi informasi, diharapkan  masyarakat dan diaspora Indonesia di Spanyol terus menebarkan rasa nasionalisme di perantauan.

Baca: Inilah yang Dilakukan San Fransisco Merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-77