Bacakan Sambutan Menkumham, Haris Sukamto Pimpin Upacara Peringatan HDKD ke-77

0
77

(Vibizmedia – Sulut ) Manado (19/08) – Tahun pertama Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) dirayakan pada tanggal 19 Agustus, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara selenggarakan Upacara Bendera di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado. Dengan Petugas Upacara gabungan dari Kanwil dan Satuan Kerja se-kota Manado.

Kepala Divisi Administrasi (Jonny Pesta Simamora) bertugas membacakan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM. Sementara Kepala Divisi Keimigrasian (Friece Sumolang) menjadi Perwira Upacara. Dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara (Haris Sukamto) bacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM (Yasonna H. Laoly). “Penetapan tanggal ini adalah hasil pengkajian, penelusuran sejarah, dan bukti-bukti autentik, serta hasil wawancara dengan sesepuh dan para pakar hukum pada tahun 2021 lalu, yang tentunya ini dapat dipertanggungjawabkan. Penetapan Hari Lahir Kemenkumham tersebut dilakukan semata mata untuk meluruskan dan mengembalikan substansi Hari Lahir Kemenkumham RI pada sejarah yang benar,” terang Haris Sukamto saat bacakan amanat Menkumham.

“Mari kita satukan hati dan pikiran serta teguhkan komitmen secara bersama untuk terus berkarya bagi negeri didasari tata nilai PASTI dan BerAKHLAK sesuai tema yang kita usung tahun ini “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAHKLAK”. Mari kita berdoa, semoga di usia ke-77 tahun ini, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, kemudahan, perlindungan kepada kita semua, seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM dalam melanjutkan pengabdian bagi Masyarakat, Bangsa, dan Negara tercinta, pungkasnya.

Di peringatan HDKD ke-77 ini Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara berikan penghargaan kepada stakeholder yang telah bersinergi baik dengan jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara. Adapaun penghargaan tersebut diberikan kepada Polda Sulut sebagai mitra Kemenkumham atas kerjasamanya dalam sidak pemasyarakatan, BNN Provinsi Sulut atas sebagai mitra Kemenkumham atas kerjasamanya dalam sidak pemasyarakatan dan Polres Minahasa Selatan atas pemajuan dan penegakan HAM.

Semarak peringatan HDKD ke-77 tidak berakhir di upacara bendera Pagi ini, namun dilanjutkan dengan syukuran yang akan dilaksanakan pada sore hari.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Sulut