Bertemu Pimpinan Delegasi KTT SAI20, Wapres Minta SAI20 Hasilkan Aksi Strategis untuk Hadapi Krisis Global

0
63
Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini menghadiri dan memberikan pidato utama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institution 20 (SAI20) di Sofitel Bali Nusa Dua Hotel, Kawasan Pariwisata Bali Tourism Development Corporation (BTDC), Lot N5, Nusa Dua, Bali, Senin (29/08/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Nusa Dua) Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini menghadiri dan memberikan pidato utama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Supreme Audit Institution 20 (SAI20) di Sofitel Bali Nusa Dua Hotel, Kawasan Pariwisata Bali Tourism Development Corporation (BTDC), Lot N5, Nusa Dua, Bali, Senin (29/08/2022).

Namun, sebelum menghadiri KTT SAI20, di lokasi yang sama Wapres berkesempatan melakukan pertemuan dengan para pimpinan SAI atau Lembaga-Lembaga Audit Keuangan negara-negara G20.

Kepada para Pimpinan SAI negara-negara G20, Wapres menekankan bahwa SAI20 memegang peranan penting sebagai sebuah forum strategis seluruh SAI negara-negara G20 untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam menghadapi krisis global dan tantangan masa depan.

“Pemerintah Indonesia mendukung SAI20, terlepas dari siapa ketuanya, dan berharap agar SAI20 dapat menghasilkan aksi-aksi yang strategis dan kongkrit dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas,” pesannya.

Lebih dari itu, lanjut Wapres, Pemerintah Indonesia juga mengharapkan agar kerjasama antara seluruh SAI di negara-negara G20 dapat menjadi lebih erat dan berkelanjutan. Ia pun menyampaikan ucapan selamat kepada delegasi SAI India yang akan memimpin SAI20 2023 dan Brazil yang akan memimpin SAI20 2024.

“Selamat kepada SAI India yang akan bertindak sebagai Ketua SAI20 tahun 2023 dan SAI Brazil yang akan bertindak sebagai Ketua SAI20 tahun 2024, saya berharap di Presidensi G20 berikutnya, SAI20 akan semakin berperan aktif di komunitas G20,” ucapnya.

Terakhir, Wapres menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh delegasi dan mengharapkan KTT SAI20 dapat menghasilkan suatu komunike yang dapat menjadi salah satu referensi dalam penyiapan deklarasi Pimpinan G20 pada November 2022 mendatang.

“Saya harapkan agar KTT SAI20 berjalan dengan lancar dan sukses, serta memberikan manfaat dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel melalui penguatan peran SAI,” pungkasnya.
Sebagai informasi, SAI20 dibentuk pada Presidensi G20 Indonesia sebagai wadah pertemuan lembaga-lembaga audit negara anggota G20 untuk memberikan kontribusi kepada Pemimpin G20 dalam area transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu, SAI20 juga bertujuan untuk membangun kemitraan global dengan berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem dan komunitas G20.

Dalam semangat “Recover Together, Recover Stronger” sesuai tema Presidensi G20 Indonesia, SAI20 mengusung dua isu prioritas utama, yaitu: Percepatan Pemulihan Ekonomi (Accelerating Economic Recovery) dan Mendukung Pencapaian SDGs (Supporting the Achievement of SDGs). Saat ini, keanggotaan SAI20 terdiri dari 12 negara G20, yaitu; Argentina, Australia, Brazil, China, Indonesia, Meksiko, Rusia, Afrika Selatan, Turki, Arab Saudi, India, dan Republik Korea.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun beserta jajarannya, President SAI Arab Saudi Hussam Alangari, President SAI Brazil Bruno Dantas, Auditor General SAI Australia Grant Hehir, Presiden SAI Argentina Jesus Rodrigez, Deputy Comptroller and Auditor General SAI India Parveen Mehta, Member of Board SAI Rusia Dmiitrii Zaitsev, serta Commissioner SAI Republic Korea Eunsok Cho.

Sementara, Wapres didampingi oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi M. Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya dan Farhat Brachma.