Dukung Pertumbuhan IKM Lokal, Wapres Tinjau Pameran Bali Bangkit

0
71
Wapres dalam keterangan Persnya di halaman Werdhi Budaya Art Centre, Jl. Nusa Indah No. 1 Panjer, Denpasar Selatan, Selasa(30/8/2022). (Foto: BPMI Setwapres)

(Vibizmedia – Denpasar) Usai meninjau kesiapan lokasi (venue) yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Wakil Presiden (Wapres) beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meninjau Pameran Industri Kecil Menengah (IKM) bertajuk “Bali Bangkit” yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, di Taman Werdhi Budaya Art Centre, Jl. Nusa Indah No. 1 Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Selasa (30/08/2022).

“Bisa hadir di pameran IKM Bali Bangkit, industri kecil menengah Bali Bangkit yang diselenggarakan oleh Dekranasda provinsi Bali di bawah bimbingan Ibu Gubernur ” tutur Wapres dalam keterangan Persnya di halaman Werdhi Budaya Art Centre, Jl. Nusa Indah No. 1 Panjer, Denpasar Selatan, Selasa(30/8/2022).

Lebih lanjut Wapres menuturkan, bahwa lokasi pameran ini yang dulunya disewakan, saat ini dapat digunakan secara gratis oleh para pelaku usaha kecil dan menengah. Sehingga, para perajin dan seniman dapat memamerkan karya-karyanya secara leluasa di tempat ini.

“Jadi dengan adanya IKM Bali Bangkit ini yang dulunya tempat ini disewakan diubah jadi tidak ada penyewaan, gratis sehingga para seniman itu bisa pamerkan [karyanya], produsen-produsen IKM ini bisa berlangsung tanpa harus menyewa dan diberikan semacam kurasi dan juga promosi. Jadi tempat ini jadi semacam training house (rumah pelatihan),” terang Wapres.

Pada kesempatan yang sama Wapres juga menceritakan berbagai produk kerajinan yang ia lihat saat melakukan peninjauan seperti tas kulit, batik, kain dengan berbagai corak dan motif serta kerajinan kaca yang diproses jadi lampu hias dan berbagai meja kursi.

“Ini suatu perubahan besar dan saya lihat tadi banyak moti-motif yang unik-unik, ternyata setelah dilihat kreativitasnya, inovasinya tumbuh dan melahirkan berbagai kreasi,” ungkap Wapres.

“Jadi saya pikir ini jadi contoh di daerah, model di daerah, IKM Bali Bangkit ini jadi model untuk menjadi contoh ternyata bisa membangun industri kecil menengah,” tambahnya.

Menutup peninjauan, tak lupa Wapres pun menyempatkan untuk berbelanja berbagai produk kerajinan yang dipamerkan di Pameran IKM Bali Bangkit.

“Macam-macam, saya ya belanja kain, cincin, Ibu juga belanja. Ibu juga Ketua Umum Dekranas jadi beliau sangat antusias melihat baju-baju itu,” pungkas Wapres.