Pemerintah dan DPR Sepakati Usulan Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

0
60

(Vibizmedia – Nasional) Jakarta – Komisi III DPR RI menyetujui usulan dari Pemerintah Indonesia tentang naturalisasi pemain sepakbola yaitu Jordi Amat Maas dan Sandy Henny Walsh. Kedua pemain diharapkan segera bergabung memperkuat Timnas Indonesia di lapangan hijau.

Persetujuan ini diambil dalam Rapat Kerja Komisi III DPR bersama Wakil Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pemuda dan Olahraga, serta Ketua Umum PSSI, Senin (29/08).

Jawaban setuju serentak diberikan peserta rapat saat ditanya oleh pimpinan rapat terkait usulan naturalisasi ini.

“Setuju,” kata anggota Komisi III DPR di ruang rapat Gedung Nusantara II.

Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward O. S. Hiariej, mengatakan bahwa pemerintah Indonesia mendukung permohonan pewarganegaraan untuk kemajuan Timnas Indonesia.

Sebelumnya Kemenkumham bersama pihak terkait telah melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan persyaratan Jordi dan Sandy.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap kelengkapan persyaratan secara administratif dan substantif, tidak terdapat hal-hal yang memberatkan untuk dapat dikabulkannya permohonan pewarganegaraan,” ujar Wakil Menteri yang akrab disapa Eddy ini.

Pemberian kewarganegaraan kepada Jordi dan Sandy didasarkan pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, yaitu prestasi di bidang olahraga.

“Pemberian kewarganegaraan melalui mekanisme ini dimungkinkan sesuai dengan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia atas dasar kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya,” lanjut Eddy.

Selain pemerintah dan DPR, terlihat Jordi dan Sandy turut mengikuti rapat kerja secara virtual dengan mengenakan kemeja batik. Keduanya diberikan kesempatan menyampaikan salam dan melafalkan Pancasila dalam Bahasa Indonesia.

Jordi memiliki keturunan Indonesia dari nenek yang lahir di Makassar. Sementara Sandy memiliki keturunan Indonesia dari pihak Ibu, yaitu kakeknya yang lahir di Surabaya dan neneknya di Purworejo.

Saat ini Jordi bermain di klub Johor Darul Ta’zim di Malaysia. Sedangkan Sandy bermain untuk klub K.V. Mechelen di Belgia. Mereka sudah pernah mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia pada Juni 2022 lalu.

Meskipun bermain di liga di luar Indonesia, namun Pemerintah meyakinkan bahwa Jordi dan Sandy selalu siap kembali ketika harus bertanding bersama Timnas Indonesia. Mereka ditargetkan turut dalam laga Timnas Indonesia melawan Curacao dalam FIFA Match Day bulan September 2022 mendatang. (Chisto, Foto: Jo)

Sumber : Humas Kemenkumham RI