Kakanwil Ikuti Persiapan Evaluasi SAKIP dan RB

0
57
Kakanwil Ikuti Persiapan Evaluasi SAKIP

(Vibizmedia – Kalbar) Singkawang – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Pria Wibawa mengikuti arahan Persiapan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2022 secara daring Rabu, (31/08).

Bertempat di aula Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Singkawang, Kepala Kantor Wilayah didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Tato Juliadin Hidayawan dan Kepala Divisi Pelayanan hukum dan HAM Harniati.

Kepala Biro Perencanaan Kementerian Huakum dan HAM Republik Indonesia Ida Asep Somara dalam arahannya menyampaikan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sakip Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022 akan dilaksanakan pada 13-14 September 2022.

“Fokus evaluasi ini memastikan pelaksanaan reformasi birokrasi pada Kementerian/Lembaga mampu menjawab isu-isu strategisd, pencapaian kinerja utama Kementerian/Lembaga dan pencapaian prioritas nasional,” terang Ida.

Sementara untuk SAKIP lanjut Ida, evaluasi ini untuk Memastikan APBN/APBD efektif digunakan untuk program/ kegiatan yang berdampak pada pencapaian sasaran prioritas saat ini, seperti pemulihan ekonomi dan Kesehatan serta Memastikan setiap individu memiliki kinerja/konstribusi yang jelas dan terukur bagi organisasi dan memastikan program dan kegiatan berdampak pada pencapaian tujuan/sasaran strategis organisasi.

“Kita ingin memastikan program dan kegiatan berdampak pada pencapaian tujuan/sasaran strategis organisasi serta pelaksanaan evaluasi internal berjalan dengan baik. Jadi saya harap untuk untuk dipersipakan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa setelah mengikuti arahannya menyampaikan, pihaknya akan menyiapkan apa yang telah diintruksikan oleh Kepala Biro Perencanaan.

“Seperti yang telah disampaikan Kabiro Perencanaan terkait persiapan Evaluasi SAKIP dan RB, kami pastinya akan menyiapkan bahan evaluasi dengan baik. Untuk RB kami akan update data dukung PMPRB, Menyampaikan data dukung Rencana Aksi Rekomendasi Hasil Evaluasi RB Th 2021 kepada Setjen paling lambat 31 Agustus 2022 dan Mengisi survei IPK IKM,” ujar Pria Wibawa.

Dirinya melanjutkan persiapan untuk SAKIP diantaranya melakukan reviu Renstra UKE 1, melakukan perubahan SS UKE 1 dan menyusun Manual IKU UKE 1.

“Semoga dengan persiapan yang matang Kanwil Kemenkumham Kalbar dapat melaksanakan evaluasi SAKIP dan RB dengan lancar dan maksimal,” pungkas Pria.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar