Kemenkumham Berikan Pendampingan Pendaftaran dan Layanan KI Bagi UMKM Kota Singkawang

0
64

(Vibizmedia –  Kalbar) Singkawang-Masih dalam rangkaian kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar kegiatan Pendampingan Permohonan Pendaftaran Kekayaan Intelektual bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Singkawang, Rabu (31/08/2022).

Mengambil tempat di ballroom Hotel Dangau Singkawang, kegiatan ini mengusung tema “Percepatan Layanan Kekayaan Intelektual Sebagai Upaya Peningkatan Pendaftaran Guna Terciptanya Perlindungan dan Pelayanan Publik Yang Pasti NYATA di Provinsi Kalimantan Barat”.

Turut hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Kalbar Harniati, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Kalbar Muhayan, para Pemeriksa Kekayaan Intelektual dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) serta perwakilan Disperindagkop Kota Singkawang.

Dihadapan para peserta kegiatan, Harniati yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Pria Wibawa menyatakan acara hari ini merupakan bentuk konkrit hadirnya negara dalam memberikan perlindungan hukum kepada karya dan kekayaan intelektual anak bangsa.

“Sayang sekali ya bapak ibu, merek yang sudah dibangun jika tidak didaftarkan akan sangat mudah diakuisisi oleh pihak lain. Hari ini kita datangkan langsung para pemeriksa yang sudah expert. Jika belum siap untuk mendaftarkan, kami persilahkan juga untuk berkonsultasi,” ucap Harniati.

Harniati berharap melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan kita semua tentang kekayaan intelektual dan membuat kita paham akan perlindungan hukumnya.

Usai sambutan Harniati, para peserta menerima paparan tentang merek, desain industri dan paten dari narasumber Pemeriksa Desain Industri Madya Totok Rikanto, Pemeriksa Merek Muda Agus Dwiyanto dan Pemeriksa Paten Muda Antario Terryananda.

Bekerja sama dengan Disperindagkop Kota Singkawang, kegiatan ini juga disandingkan dengan pameran produk UMKM Disperindagkop Kota Singkawang serta layanan konsultasi merek, hak cipta, desain industri, paten, indikasi geografis dan kekayaan intelektual komunal. (Foto/Narasi: Imb/IqbaS)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar