Latsar Menjadi Kunci Awal Pengembangan Karir Para CPNS

0
58

(Vibizmedia – Kalteng) Palangka Raya – Bertempat di Aula Kahayan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Mengikuti Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Gelombang III Angkatan LVI – LXIX Tahun Anggaran 2022, yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah Melalui Zoom Meeting dibuka langsung oleh Kepala BPSDM Hukum dan HAM (Asep Kurnia). Kegiatan ini Dikuti Oleh Kepala Divisi Administrasi (Nur Azizah Rahmanawati), Kepala Divisi Keimigrasian (Arief Munandar), Kepala Bagian Umum (Mahrijuni), Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha Dan Rumah Tangga (Khudloifah), beserta staf dan 4 orang CPNS yang mengikuti Latsar. Kamis (01/09/2022).

Dalam Sambutannya Asep Kurnia menyampaikan Pelatihan dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh  atau distance learning kembali diberlakukan oleh BPSDM Hukum dan HAM di tahun 2022 ini, sebagai langkah atau strategi penyesuaian proses penyelenggaraan pelatihan dan pembelajaran di tengah pandemi COVID-19. Metode Pelatihan Jarak Jauh pada prinsipnya sama dengan Pelatihan dalam bentuk Klasikal, yang membedakan hanyalah kondisi dan suasana belajarnya. BPSDM Hukum dan HAM dalam menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dimana pada Gelombang III ini dIIIkuti sejumlah 498 orang CPNS yang terbagi dalam 14 angkatan.

Sejalan dengan telah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dan merujuk pada ketentuan Pasal 63 ayat (3) dan ayat (4) UU ASN, Calon Pegawai Negeri Sipil wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pelatihan terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Latsar CPNS menjadi kunci awal untuk pengembangan karir para peserta kedepan.

Melalui Pelatihan ini, para CPNS diharapkan dapat memiliki kepribadian yang unggul, sehingga  tercipta tunas-tunas pengayoman yang profesional, cinta tanah air, mengamalkan core value ASN BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), serta memiliki etos kerja yang tinggi sebagai SMART ASN.

Diharapkan Peserta pelatihan untuk menjaga sikap dan perilaku yang baik selama mengikuti pelatihan. Knowledge dan skill yang Saudara peroleh tidak akan berarti jika tidak didukung dengan attitude yang baikJaga kekompakan serta komunikasi yang baik dengan sesama peserta, penyelenggara, dan tenaga pengajar agar terbangun proses belajar yang efektif.

Mari “Kita Tingatkan Kinerja Kementerian Hukum dan HAM Semakin Pasti dan Berakhlak Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural” untuk Mewujudkan Indonesia Maju”, pungkas Asep Kurnia Sekaligus membuka Kegiatan Latsar secara resmi.

Sumber :  (Red-dok, Humas Kalteng – September 2022)