Yuk, Menikmati Makanan Khas Negara Laos

0
101
Makanan Khas Laos
Makanan Khas Laos Larb (Foto: Daniel Otto/Vibizmedia)

(Gaya Hidup – Laos) Mau mengenal lebih dekat dengan kebudayaan Laos? Bisa dengan salah satu cara ini, Cicipi makanan khasnya.

Makanan khas Laos cukup beragam dan pastinya menggugah selera. Rasanya belum lengkap jika belum merasakan kuliner khasnya.

Ada banyak sekali makanan tradisional Laos yang membangkitkan selera makan. Kebanyakan makanan dari Laos ini dipengaruhi oleh negara-negara di sekitarnya. Tapi tidak ada salahnya  untuk mencobanya.

Mari disimak berbagai makanan khas Laos berikut ini  yang patut dicoba :

Larb

Makanan khas Laos yang pertama wajib dicoba yaitu Larb. Sajian tradisional Laos yang terbuat dari daging cincang sebagai bahan utamanya. Diberi tambahan jeruk nipis, bumbu kaldu ikan yang difermentasi dan rempah-rempah yang kemudian ditumis.

Larb biasa disajikan dengan nasi atau ketan (sticky rice) dan sayuran segar. Sehingga terkenal dengan nama salad daging. Daging yang digunakan ada beberapa pilihan antara lain ayam, daging sapi atau domba.

Tam Mak Hoong atau Salad buah papaya muda (Foto: Daniel Otto/Vibizmedia)
Tam Mak Hoong

Anda suka salad? Tam mak hoong atau Salad pepaya termasuk salah satu masakan khas Laos. Salad yang terdiri dari irisan buah pepaya muda, kol, tomat, salada dan bihun dengan bumbu gula aren, saos fermentasi, jeruk nipis dan cabe. Paduan bumbu-bumbu tersebut tercipta suatu rasa yang nikmat di mulut manis, asam dan asin.

Nam Khao, nasi goreng khas Laos (Foto: Daniel Otto/Vibizmedia)
Nam Khao

Makanan yang sangat digemari semua kalangan, baik dari kalangan bawah sampai keatas. Nam Khao atau yang kita kenal dengan sebutan nasi goreng.

Nasi goreng khas Laos, hampir sama dengan nasi goreng Indonesia. Bedanya nasi goreng Laos memakai sayuran dimakan dengan soy saus dan kuah panas ditambah dengan Cilantro atau daun ketumbar  terasa segar sekali.

Ping Pha Ikan Bakar Sungai Mekong (Foto: Daniel Otto/Vibizmedia)
Ping Pha

Makanan khas Laos tidak selalu berbahan daging. Ikan Bakar atau Ping pha juga layak untuk dicoba. Phing pa merupakan ikan bakar sungai Mekong dimarinasi garam dan dibakar. Dimakan dengan Sticky Rice (Ketan) dan saus asam pedas. Rasanya sangat lezat.

Pho Loa Noodle soup, Sup Mie Phoa Laos (Foto: Daniel Otto/Vibizmedia)
Pho

Nama Pho identik dengan masakan khas Vietnam. Ternyata Laos juga memiliki pho sebagai makanan khasnya. Pho khas Laos dan Pho khas Vietnam memiliki perbedaan, jika pho khas Laos dibuat dengan menggunakan daging babi sementara pho khas Vietnam dibuat dengan daging sapi pilihan.

Bahan lainnya yang digunakan dalam makanan khas Laos ini antara lain mie, sayuran, herbal dan saus serta gula. Pho khas Laos biasanya disajikan dengan saus hoisin dan cabai juga pasta udang untuk ditambahkan di bagian atasnya. Untuk rasa tidak terkatakan nikmatnya.

Nah, itulah deretan masakan khas Laos yang sangat menarik dan punya citarasa beda dari makanan lain. Sekali mencoba dijamin akan ketagihan, Jadi penasaran yah?