Kemeriahan Resepsi Diplomatik Peringatan HUT RI ke-77 di Wisma Indonesia Ivato, Antananarivo, Madagaskar

0
70
Resepsi Diplomatik KBRI Antannarivo
KBRI Antananarivo menyelenggarakan resepsi diplomatik bertempat di Wisma Indonesia Ivato pada tanggal 1 September 2022 (Foto:Kemenlu)

(Vibizmedia – Madagaskar) Resepsi Diplomatik dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 diselenggarakan KBRI Antananarivo,  bertempat di Wisma Indonesia Ivato pada tanggal 1 September 2022, dengan tema “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.”

Resepsi Diplomatik Madagaskar

Bapak Benny Yan Pieter Siahaan, Kepala Perwakilan RI-Antananarivo, dalam sambutannya mengangkat beberapa isu kerja sama bilateral RI-Madagaskar,  antara lain prioritas keketuaan Indonesia di forum G-20, pemberian hibah Pemerintah RI atas bencana kelaparan di Madagaskar Selatan, serta kedekatan sosio-kultural Indonesia-Madagaskar.

Ia mengatakan bahwa salah satu kerja sama utama antara Indonesia dan Madagaskar adalah di bidang pendidikan dan kebudayaan. Setiap tahun pemerintah Indonesia memberikan sejumlah program beasiswa dan peningkatan kapasitas bagi generasi muda Madagaskar untuk belajar di berbagai sektor, mulai dari ekonomi, sosial budaya, sains, hingga militer.

Disampaikan juga bahwa Indonesia sangat bangga karena saat ini salah satu alumni Indonesia telah menjadi tokoh terkemuka di Madagaskar, yaitu, Jenderal Richard Rakotonirina yang adalah Menteri Pertahanan Nasional Madagaskar saat ini.

“Kami berharap dengan terus memberikan beasiswa bagi para pemuda Madagaskar, Indonesia dapat menciptakan “Jenderal Richard” yang lain di masa depan untuk membantu membangun Madagaskar” ujar Kepala Perwakilan RI-Antananarivo.

Resepsi diplomatik yang turut dihadiri sekitar 200 undangan, termasuk Ketua Senat, Ketua Parlemen, 4 (empat) Menteri serta Mantan Presiden Madagaskar. Bahkan terasa semakin istimewa dengan kehadiran Mr. Richard Rakotonirina selaku Menteri Pertahanan Republik Madagaskar yang bertindak selaku tamu kehormatan dan mewakili Pemerintah Madagaskar untuk memberikan ucapan selamat atas HUT RI ke-77 dengan Bahasa Indonesia yang sangat fasih. Mr. Richard menitikberatkan sambutannya pada aspek peningkatan hubungan bilateral Indonesia Madagaskar di tengah pandemi Covid-19.

“Mengutip tema Kemerdekaan Indonesia yang Ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” merupakan tema yang sesuai dengan kondisi dunia saat ini.  Guna bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, saya mengajak kedua negara untuk bangkit bersama dan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Madagaskar. Mari kita perkuat kerjasama Indonesia dan Madagaskar dalam berbagai bidang yakni ekonomi, pendidikan, sosial budaya serta pertahanan” ujar Menteri Pertahanan Republik Madagaskar dalam sambutannya.

Sambutan Menteri Pertahanan Republik Madagaskar yang menggunakan Bahasa Indonesia serta Bahasa Prancis menuai pujian tidak hanya dari kalangan korps diplomatik di Madagaskar namun juga dari Menteri dan Pejabat setingkat Menteri Madagaskar yang juga turut memeriahkan acara tersebut yakni Mrs. Lalatiana Andriatongarivo-Menteri Komunikasi dan Kebudayaan, Mr. Paubert Mahatante-Menteri Perikanan dan Ekonomi Biru, Mrs. Sophie Ratsiraka-Menteri Kesenian dan Kerajinan Tangan, Mr. Herimanana Razafimahefa-Ketua Senat, Mrs. Christine Razanamahasoa-Ketua Parlemen, Mr. Maka Alphonse-Ketua Rekonsiliasi Malagasy (CFM), serta Presiden ke-5 Republik Madagaskar, H.E. Mr. Marc Ravalomanana.

Kemeriahan peringatan ini diwarnai dengan warna warni dekorasi rangkaian bunga bercorak merah putih khas bendera Indonesia menghiasi Wisma Indonesia Ivato. Kepala Perwakilan dan seluruh keluarga besar KBRI Antananarivo mengenakan berbagai pakaian tradisional Indonesia dari berbagai daerah termasuk Batik guna menyambut para tamu di resepsi diplomatik tersebut. Film dokumenter tentang pariwisata dan keindahan Indonesia juga diputar untuk mempromosikan budaya dan destinasi wisata Indonesia.

Guna mendukung pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) yang merupakan pameran dagang internasional terbesar di Indonesia yang direncanakan pada bulan Oktober tahun ini, KBRI Antananarivo juga membentangkan standing banner TEI guna menarik minat pengusaha lokal di Madagaskar untuk menghadiri pameran dimaksud.

Selain itu, menjadi tradisi khas Indonesia adalah menyuguhkan  berbagai hidangan khas Indonesia yang terkenal termasuk sate ayam, nasi goreng, risoles, martabak telor, pastel dan dadar gulung. Para tamu tampak sangat menikmati kelezatan makanan dan memuji keunikan alam dan budaya Indonesia yang ditampilkan melalui tayangan video.

Selain makanan dan tayangan video, para tamu juga disuguhi hiburan berupa permainan biola oleh seorang WN Belgia yang menikah dengan diaspora WNI dan melantunkan berbagai lagu-lagu nasional Indonesia menggunakan biola seperti Gundul-gundul Pacul, Manuk Dadali, serta Ampar-ampar Pisang.

resepsi diplomatik KBRI Madagaskar
Foto bersama saat resepsi diplomatik KBRI Antananarivo di Wisma Indonesia Ivato pada tanggal 1 September 2022 (Foto: Kemenlu)

Baca:

Kemeriahan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 di Lima, Peru