Tiga Destinasi Wisata di Istanbul yang Tak Terlupakan

0
120
Hagia Sophia
Hagia Sophia, dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO di Istanbul sejak tahun 1985 (Foto: Herwantoro/Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Turki terkenal dengan banyaknya tempat indah dan bersejarah yang menjadi  tujuan wisata berbagai  wisatawan dari seluruh dunia. Tapi jangan lewatkan mengunjungi Istanbul, ibukota Turki, kota bersejarah yang sudah menjadi kota wisata  ternama.

Istanbul, yang secara historis dikenal sebagai Konstantinopel dan Bizantium, adalah kota terpadat di Turki dan merupakan pusat ekonomi, budaya, dan sejarah negara ini. Istanbul adalah kota lintas benua di Eurasia, karena dilewati selat Bosphorus yang memisahkan Eropa dan Asia, antara Laut Marmara dan Laut Hitam

Udara yang sejuk, tranportasi yang mudah untuk diakses, suasana kota modern bergaya Eropa dan Asia, serta makanan-makanan khas Turki yang lezat mampu menjadi daya tarik tersendiri kota ini.

Kalau berencana menghabiskan waktu liburan di Istanbul, maka tiga tempat berikut wajib dikunjungi.

1. Hagia Sophia
Hagia Sophia
Hagia Sophia, Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro / Vibizmedia)

Hagia Sophia yang juga disebut Aya Sofya dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO di Istanbul sejak tahun 1985.

Bangunan megah yang merupakan magnet bagi wisatawan di seluruh dunia, pertama kali dibangun pada tahuan 537M sebagai katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453.

Tetapi pada tahun 1931 Aya Sofya ditutup untuk umum setelah Kesultanan Turki digantikan oleh Republik Sekuler Turki. Presiden pertamanya, Mustafa Kemal Atatürk membukanya kembali pada 1935 M sebagai museum. Sejak saat itu bangunan ini menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di Istanbul.

Namun sejak tahun  2020 Presiden Erdogan mengubahkan peruntukan bangunan ini  kembali menjadi masjid. Perubahan peruntukan ini cukup menjadi kontroversi banyak negara, baik yang menyetujui maupun tidak menyetujuinya.

Sebagai situs Warisan Dunia, Aya Sofya merupakan bangunan yang memiliki arsitektur kuno unik dan estetik yang sangat menakjubkan.

Hagia Sophia
Antrian pengunjung memasuki Hagia Sophia (Foto: Herwantoro /Vibizmedia)

Sampai hari ini, bangunan ini masih terbuka untuk umum. Untuk memasukinya  cukup mengantri saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya alias free. Tembok-tembok bangunan yang berdiri kokoh sampai saat ini, menunjukkan kemegahan arsitektur jaman Bizantium yang sangat mengagumkan. Pilar-pilar kokoh yang terbuat dari marmer dengan ukiran yang sangat mendetil disetiap pilar membuat  pengunjung seperti dibawa kembali ke kejayaan masa lampau Turki.

Hagia Sophia
Ornamen klasik kisah kelahiran Yesus Kristus menghiasi kubah Hagia Sophia (Foto:Herwantoro /Vibizmedia)
2. Galata Tower
Galata Tower
Galata Tower, Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro /Vibizmedia)

Satu lagi tempat bersejarah  di Istanbul yang wajib dikunjungi adalah Galata Tower, sebuah menara batu abad pertengahan yang terletak di distrik Galata, Istanbul. Menara Galata merupakan salah satu landmark kota yang paling mencolok, dengan kerucut silinder tertutup yang tinggi, mendominasi langit dan menghiasi panorama kota Istanbul lama dan sekitarnya.

Menara yang berusia 600 tahun dengan tinggi sekitar 66 m dan berdiameter 16 meter ini memberikan pemandangan yang luar biasa. Karena dari atas ketinggiannya, pengunjung bisa melihat 2 benua sekaligus, yaitu Eropa dan Asia.

Kalau berkunjung di siang hari,  pengunjung dapat melihat indahnya selat Bosphorus dengan laut yang biru merona bersama kapal-kapal yang melintas membelah air lautnya.  Tetapi pada malam hari akan terlihat suasana kota Istanbul yang megah dan cantik, penuh dengan lampu-lampu berkilauan.

3. Taksim Square
Taksim Square
Taksim Square, Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro /Vibizmedia)

Terakhir, jangan sampai terlewat untuk mengunjungi Taksim Square. Para turis sangat senang mengunjungi tempat ini. Disini, pengunjung akan disuguhkan  nuansa modern  kota Istanbul.

Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, apakah sekedar bercengkrama di kafe-kafe, mencicipi aneka makanan khas Turki yang lezat, membeli souvenir atau sekedar berbelanja di toko-toko dengan merek ternama. Satu lagi yang menarik di sini, silahkan menjajal menaiki  kereta Trem  warisan kendaraan di Istanbul yang telah beroperasi sejak tahun 1875.

Taxim Square
Trem warisan di Taxim Square, Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro / Vibizmedia)
Taksim Square
Taksim Square, Istanbul, Turki (Foto: Herwantoro / Vibizmedia)

Pastinya, liburan akan terasa sangat menyenangkan dengan mengunjungi tempat-tempat ini. Dan tentunya masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Istanbul yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.

Baca:

Pesona Efesus Ruins dan Basilica of St. John, Turki