Transaksi Diversifikasi WTR Dengan INA Adalah Momen Penting

0
84
Transaksi Diversifikasi WTR Dengan INA Adalah Momen Penting
(Photo: Kemenkeu)

(Vibizmedia–Nasional) Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sampaikan pembiayaan infrastruktur yang berkelanjutan harus diimbangi dengan APBN yang sehat. Oleh karena itu Menteri Keuangan menyebut pemerintah perlu membentuk kendaraan baru dalam hal pembiayaan infrastruktur, maka lahirlah Indonesia Investment Authorithy (INA).

Transaksi diversifikasi antara Waskita Toll Road (WTR) dengan Indonesia Investment Authority (INA) terkait Ruas Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang merupakan momen bersejarah dalam pembiayaan infrastruktur Indonesia.

Ini menjadi perjalanan baru bagi para BUMN. Karena ini yang ingin dilihat oleh Presiden, yaitu kemampuan BUMN untuk terus membuat proyek baru, menciptakan nilai tambah, dan kewajiban untuk melepaskan. Itulah bagaimana pembangunan akan berjalan di Indonesia dan terus berlanjut. Meski membutuhkan pola pikir yang sama sekali berbeda, demikian disampaikan Menkeu dalam sambutannya pada acara bertajuk “Penyelesaian Transaksi antara WTR dengan INA terkait Ruas Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang”, pada Selasa (06/09).

Dengan begitu, Menkeu meyakini indonesia dapat diakui sebagai tempat berinvestasi yang baik, terutama atas kerjasamanya dengan tiga investor global yang kredibel seperti anak usaha Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), APG Asset Management (APG), dan Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ).

Menkeu sampaikan dia berterima kasih untuk seluruh jajaran Kementerian BUMN for providing leadership sehingga BUMN memahami new way of thinking atau mindset di dalam membangun Indonesia. Karena memang pembangunan harus berjalan dengan neraca keuangan yang terus terjaga sehat. Itulah yang menjadi tantangan untuk kita semua.

Sebagai penutup, Menkeu juga berharap ini tidak akan menjadi milestone pertama dan kemudian akan menjadi akhir dari cerita. Anggapannya benar-benar awal dari semua bab yang kita akan lihat dan berlanjut untuk melihat bagaimana Indonesia mampu menjadi tujuan dari pembiayaaan dan investasi yang kredibel, yang sama-sama menguntungkan dan memberikan manfaat yang sangat nyata bagi rakyat Indonesia.