HUB.ID Summit 2022 Pertemukan Para Startup dengan Investor dan Mitra Bisnis

0
66
HUB.ID Summit 2022
Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna saat membuka HUB ID Summit 2022 di Nusa Dua Bali, Senin, 5 September 2022 (Foto: Kominfo)

(Vibizmedia – Nusa Dua, Bali) Melalui perhelatan HUB.ID Summit 2022 di Nusa Dua, Bali, Kementerian Kominfo mendekatkan startup atau perusahaan rintisan nasional dengan calon investor, mitra bisnis, pemerintah, maupun BUMN.  Dari forum ini diharapkan inovasi dan kreativitas startup digital Indonesia terus tumbuh berkembang dan naik kelas ke level internasional.

Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna menyatakan saat HUB.ID Summit 2022 di Nusa Dua, Bali, Senin (5/9/2022) bahwa  sudah ada 635 jadwal meeting di event ini yang mungkin akan terus bertambah. Artinya, para startup sudah ada jadwal untuk bertemu dengan para investor dan mitra bisnisnya.

Pada kesempatan yang sama, Managing Partner Impactto yang juga pelaku industri startup di Indonesia, Italo Gani mengatakan, pihaknya saat ini bermitra dengan Kemkominfo untuk menjalankan perhelatan HUB.ID Summit 2022. Program dirancang dalam bentuk roadshowtalkshow dan kurasi agar pengembangan bisnis antara startup dan investor berlangsung lancar.

Italo Gani menyatakan harapannya  bahwa melalui kegiatan ini startup di Indonesia bisa mendapatkan akses investasi. Melihat banyak startup di Indonesia mengalami kesulitan mendapatkan jaringan yang relevan, maka pihaknya mendukung program HUB.ID Summi.

Menurut Italo, acara ini tidak hanya mempertemukan startup dengan investor, tetapi juga dengan mitra bisnis. Sehingga proses pengembangan bisnis antara startup dengan mitra bisnis juga terjadi.

Sementara itu Ketua Tim Business Matchmaking, Luat Sihombing juga menyampaikan target dari kegiatan ini agar tercipta lebih dari 800 pertemuan bisnis antara investor dan mitra bisnis. Harapannya  para startup bisa lebih bertahan dan ke depannya semakin banyak yang bertumbuh

Pada hari pertama HUB.ID Summit 2022 berlangsung kegiatan diskusi panel dengan topik “The Shift of Grocery Shopping in Indonesia: Is it a Sustainable Business Model?” dan topik “Anticipating the Next Momentum of Indonesian Fintech”.

Kegiatan yang diselenggarakan Ditjen Aptika tersebut menghadirkan startup dari berbagai daerah di Indonesia dan venture capital dari sejumlah negara. Acara berlangsung pada 5-6 September 2022 di The Westin Hotel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Perhatian Serius Pada Pengembangan Ekonomi Digital Nasional agar Startup Indonesia Naik Kelas

Dalam beberapa kesempatan, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan pemerintah memberikan perhatian serius dalam pengembangan ekonomi digital nasional agar startup Indonesia naik kelas.

Menteri Johnny menyatakan tumbuhnya startup unicorn baru menjadi peluang menghasilkan tambahan decacorn dengan berbagai cara, baik melalui merger akuisisi maupun pelebaran pasar yang meningkat dengan baik.

Menteri Johnny menjelaskan,  proyeksi digital ekonomi Indonesia di tahun 2030 sekitar USD315 miliar, hampir setara dengan 42 persen ekonomi digital di ASEAN, merupakan jumlah yang amat besar. Itu sebabnya perlu disiapkan dan bekerja bergandengan tangan bersama-sama.

Menurut Menkominfo, pemerintah telah dan akan terus mengambil bagian penting di semua lini untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, termasuk dengan mengembangkan inovasi startup.

Ia menjelaskan, mulai dari pembangunan infrastruktur digital secara besar-besaran di hulu, pelatihan-pelatihan terhadap sumberdaya manusia digital di semua lini baik tingkat dasar, tingkat menengah, dan tingkat lanjut.

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo juga menyiapkan SDM untuk tata kelola spektrum frekuensi yang memungkinkan operator seluler mengembangkan usaha dan membangun jaringan lebih luas menjangkau seluruh wilayah tanah air.

“Tentunya, menyiapkan regulasi-regulasi yang dibutuhkan agar konvergensi dan level playing field di bidang usaha telekomunikasi dan digital bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik,” pungkas Menteri Johnny.

Baca:

Kominfo Fasilitasi dan Memberdayakan Startup Digital untuk Menjadi Raksasa Teknologi