Reichstag Gedung Parlemen di Jerman

0
92
Gedung Parlemen Reichstag
Hamparan rumput hijau banyak warga dan turis bersantai (Foto: Julian/Kontributor vibizmedia)

(Gaya Hidup – Jerman) Apakah anda ada rencana mau berlibur ke Jerman? Ada satu destinasi yang unik dan menarik untuk anda dapat kunjungi Gedung Reichstag.

Gedung Reichstag adalah salah satu destinasi wisata wajib bila anda datang ke Berlin, Jerman. Bangunan dengan paduan antara klasik dan modern memiliki pesona tersendiri.

Reichstag berlokasi di Platz der Republik 1, 11011 Berlin, German. Dibuka untuk umum setiap hari dari jam 08:00 – 17:00.

Gedung Reichstag selesai dibangun tahun 1894. Berbagai peristiwa bersejarah bagi bangsa Jerman sudah dialami gedung ini. Seperti peristiwa alam, kebakaran dan peristiwa dunia, perang.

Suasana luar Gedung Reichstag (Foto: Julian/Kontributor vibizmedia)

Halaman gedung ini tidak berpagar, hamparan rumput hijau di halaman yang luas membuat banyak warga atau turis yang berkunjung bermain, duduk-duduk atau berolahraga. Banyak turis atau warga local berfoto-foto dengan suasana gedung tua nan klasik.

Setelah puas berwisata di halaman, Dengan bermandikan sinar matahari dan angin yang sejuk. Pengunjung bisa masuk ke dalam gedung.

Pengunjung menyusuri kubah kaca Reichstag (Foto: Julian/Kontributor vibizmedia)

Sebagai turis, atau warga setempat hendak wisata ke dalam gedung bisa datang secara langsung mendaftar. Kalau turis harus membawa paspor. Jangan heran kalau harus mengantri panjang. Karena banyak turis-turis berkunjung ke tempat ini. Kalau  datang sudah menjelang sore, maka anda baru bisa masuk ke esok harinya. Berkunjung ketempat ini tidak perlu membayar.

Setelah masuk ke dalam maka akan ditemukan daya tarik berikutnya dari Reichstag, yaitu Dome atau kubah transparan. Dome adalah kubah kaca besar yang memiliki pemandangan 360 derajat pemandangan kota Berlin. Melalui jalan spiral dengan dinding kaca membuat cahaya alami yang menarik dan menuntun pengunjung berjalan melihat ibukota Jerman.

Sebuah tulisan besar terlihat jelas di atap gedung. “Dem Deutschen Volke” kira-kira artinya ‘Dipersembahkan untuk Rakyat Jerman’, gedung bergaya klasik Romawi ini memang begitu bersahabat dengan rakyatnya.

Melihat kota Berlin dari dalam kubah Reichstag (Foto: Julian/Kontributor vibizmedia)

Para pengunjung yang datang tertib, tidak ada yang membuang sampah sembarangan. Sehingga suasana bersih tetap tercipta. Tempat sampah disediakan di sudut-sudut kompleks Reichstag.

Hal lain yang lebih menarik adalah, apabila anda  dalam kondisi lapar tidak perlu kuatir. Karena dalam Gedung tersebut ada yang menjual makanan. Sehingga anda bisa makan dengan menikmati pemandangan yang indah.

Apakah sudah cukup informasi yang diperlukan? Ayo segera saja berkunjung!

Gedung Parlemen Reichstag dari kejauhan (Foto: Julian/Kontributor vibizmedia)