Jaga Entitas Desa Terdepan, Kemendes Dorong Pemda dan Perguruan Tinggi Sukseskan RPL

0
63
RPL Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. FOTO: KEMENDES PDTT

(Vibizmedia-Nasional) Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) desa mutlak terus dilakukan untuk kesejahteraan hidup masyarakat desa dalam jangka panjang.
Untuk itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengungkapkan bahwa pemerintah daerah dan perguruan tinggi diharapkan terlibat langsung menyukseskan RPL Desa sesuai dengan perannya.

“Ini (RPL Desa) adalah investasi yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan. Ini juga akan menjadi investasi pembangunan di desa dalam meningkatkan kapasitas di desa,” terang Abdul Halim dalam FGD Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Perangkat Desa di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin, 12 September 2022.

Menurutnya, RPL Desa merupakan salah satu langkah Kemendes PDTT menjadikan entitas desa terdepan dalam pembangunan bangsa. Selain peningkatan kualitas kepala desa maupun perangkat desa, RPL Desa juga akan memotivasi warga desa untuk terus belajar dan meningkatkan diri.

“Harapannya RPL Desa bisa meningkatkan kualitas SDM. Saya yakin bukan hanya kepala desa, perangkat desa, atau pendamping desanya yang mau belajar tapi motivasi belajar di masyarakat akan bangkit juga. Karena para perangkat bisa menginformasikan kepada masyarakat sehingga tumbuh rasa ingin untuk belajar juga,” kata Abdul Halim.

Melalui program ini, pengalaman kerja bagi kepala desa, perangkat desa, pendamping desa, pengurus BUM Desa dapat disetarakan dengan materi kuliah di universitas dengan berbagai program studi, sehingga berkesempatan mendapat gelar sarjana S1 maupun doktor. Sampai saat ini program tersebut telah dilaksanakan oleh UNY dan Unesa yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Bojonegoro. Menyusul UNY dan Unesa, Rektor Unnes Fathur Rokhman menyatakan siap melaksanakan RPL Desa dan telah memulai dengan beberapa program yang berkaitan langsung dengan warga desa.

“Kerja sama Unnes dengan desa dilakukan dengan berbagai pola, misalnya Unnes Lantip yang merupakan kerja sama dengan sekolah, Unnes Prigel berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan desa, Unnes Giat dimana sebuah kerja sama dilakukan dengan masyarakat dan pemerintah daerah. Unnes juga turut serta membangun desa binaan melalui program desa lingkar kampus,” kata Rektor Unnes Fathur Rokhman.

Perlu diketahui, selain FGD, juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Kemendes PDTT dengan Unnes tentang Tridharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai dasar keduanya bekerjasama dengan tugas dan fungsi masing-masing.