Mari Nikmati Kekayaan Cita Rasa Kuliner Turki

0
53
Sarapan Ala Turki
Sarapan khas Turki (Foto: Bethania M/Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Berlibur ke Turki bukan saja menikmati keindahan kota-kotanya tapi jangan lewatkan mencicipi berbagai hidangan khas Turki yang lezat. Mari sejenak lupakan diet saat berwisata ke Turki dan  rasakan nikmatnya perpaduan  makanan khas Eropa dan Asia di sana.

Berbagai makanan yang menggoyang lidah ini, dapat ditemukan di sepanjang jalan kota Istanbul ataupun restoran-restoran yang ada di sana. Nikmatnya kuliner ini sanggup memberikan sensasi rasa yang pasti sulit dilupakan.

Berikut berbagai makanan khas Turki yang bisa dicicipi saat berlibur di Turki:

Ice Cream Turki

Pistachio Ice Cream
Pistachio Ice Cream (Foto: Bethania Lita M/Vibizmedia)

Salah satu kedai penjual ice cream di  Turki melakukan sedikit atraksi pada saat menjajakan ice cream kepada para pengunjung yang hendak memesan es krimnya. Rasa ice cream Turki yang manis dan gurih dengan tekstur yang lembut sangatlah istimewa. Kalau  ingin mencoba rasa yang unik, silahkan mencoba ice cream dengan rasa kacang Pistachio khas Turki. Dijamin sekali mencoba pasti ketagihan.

Kuru Fasulye

 Kuru Fasulye
Kuru Fasulye bersama beberapa jenis hidangan lainnya (Foto: Herwantoro / Vibizmedia)

Kuru fasulye adalah masakan berbahan dasar kacang kering yang dimasak dengan pasta tomat. Kacang yang digunakan adalah kacang putih (white bean). Masakan ini masuk ke kelompok stew (ada kuahnya tapi tidak banyak seperti sup). Ada yang menambahkan daging, ada pula yang tidak.

Biasanya Kuru Fasulye dihidangkan bersama rice pilaf. Rice pilaf sedikit mirip dengan nasi Briyani, konsep dasarnya adalah beras dimasak dengan menggunakan tulang kambing atau daging sapi yang ditumis dengan mentega. Lalu ditambahkan kaldu, rempah, bawang bombay, parsley, dan almond, sangat sedap.

Döner Kebab

kebab
Kebab khas Turki (Foto: Herwantoro /Vibizmedia)

Masakan khas Turki yang terbuat dari daging, bisa berupa daging domba, kambing, sapi, atau ayam. Daging diiris tipis-tipis dan dimasak menggunakan bawang putih, sedikit tepung terigu, minyak zaitun, daun seledri, juga rempah-rempah seperti jintan, kayu manis, ketumbar,seledri, merica dan telur, lalu dipanggang. Ditambahkan jeruk lemon, lalu letakkan di atas roti Pitta,  roti khas Timur Tengah, yaitu roti kosong bulat yang banyak dikonsumsi dalam berbagai masakan Timur Tengah, Mediterania, dan Balkan.

Lahmacun

Lahmacun sering dijuluki adalah roti bundar tipis yang terbuat dari campuran tepung terigu dan susu, dengan topping daging cincang, sayuran dan rempah-rempah. Cara memasaknya  yang dipanggang dan berbentuk seperti pizza membuat makanan satu ini juga dijuluki pizza Turki.

Sucuk Kebabı

sucuk kebab
Sucuk kebab (Foto: Bethania M / Vibizmedia)

Kebab berisikan sosis khas Turki, sosis daging sapi yang kering dan pedas. Sangat lezat digoreng untuk sarapan atau disantap di atas panggangan.

Baklava

baklava
Baklava (Foto: Bethania Lita M / Vibizmedia)

Adalah pastry berlapis dengan isian kacang seperti pistachio atau walnut yang ditumbuk kasar kemudian dilapisi dengan madu manis. Baklava memiliki rasa manis legit dengan tekstur yang kaya, dari pastry dan tekstur kacang.

Börek

Börek
Börek (Foto: Bethania Lita M/ Vibizmedia)

Börek adalah keluarga pastri panggang yang terbuat dari sejenis adonan yang dikenal sebagai phyllo, yang biasanya berisi keju, daging, dan sayuran.  Börek dapat disajikan dalam sebuah nampan besar atau dipotong menjadi beberapa bagian setelah dipanggang, atau sebagai satuan. Bagian atas börek sering ditaburi dengan wijen.

Menemen (Orak Arik Telur Khas Turki)

menemen
Menemen, Orak Arik Telur Khas Turki (Foto: Herwantoro / Vibizmedia)

Menemen adalah hidangan tradisional Turki yang populer yang meliputi telur, tomat, paprika hijau, dan rempah-rempah seperti lada hitam dan merah yang dimasak dengan minyak zaitun.

Köfte

Posiyon Köfte Grill Meatball, Karsali Pors Köfte Cheesed Portition Meatball
Posiyon Köfte Grill Meatball, Karsali Pors Köfte Cheesed Portition Meatball (Foto: Herwantoro /Vibizmedia)

Merupakan makanan berbahan dasar daging, sering disebut bakso khas Turki yang sedap dan sehat. Bisa menggunakan daging sapi maupun daging kambing. Biasanya disajikan bersama pilav (nasi) atau roti pide dan salad.

Ternyata ada sangat banyak jenis makanan khas Turki yang super sedap. Ayo berlibur ke Turki dan nikmati kelezatan cita rasa kuliner di sana.

Baca juga:

Pesona Efesus Ruins dan Basilica of St. John, Turki