Enam Bandara Indonesia Masuk Best Airports in Asia-Pacific

0
95
best airport

(Vibizmedia – Nasional) Enam bandara Indonesia yang dikelola oleh PT Angkasa Pura/AP I berhasil meraih penghargaan prestisius sebagai Best Airports in Asia-Pacific by Size and Region dalam ajang Airport Service Quality Awards 2021 (ASQ Awards 2021). Acara ini diselenggarakan oleh organisasi pengelola bandara-bandara di dunia Airport Council International (ACI).

Bandara apa saja yang menerima penghargaan? Keenam bandara yang menerima penghargaan pada ASQ Awards 2021 tersebut adalah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Internasional Yogyakarta untuk kategori Best Airport by Size and Region: 5 to 15 Million Passengers per Year in Asia-Pacific.

Selanjutnya Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta untuk kategori Best Airport by Size and Region: 2 to 5 Million Passengers per Year in Asia-Pacific; serta Bandara Pattimura Ambon untuk kategori Best Airport by Size and Region: Under 2 Million Passengers per Year in Asia-Pacific.

Bandara SAMS Sepinggan khususnya, telah meraih penghargaan ASQ Awards selama lima tahun berturut-turut.

“Penghargaan ASQ Awards 2021 telah diumumkan oleh Airport Council International (ACI) pada 11 Maret 2022 silam. Pada kesempatan ini, ACI secara resmi menyerahkan penghargaan kepada AP I di tengah agenda ACI Customer Experience Global Summit 2022 yang sedang berlangsung di Krakow, Polandia,” ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Jumat (16/9/2022).

ASQ Awards merupakan satu-satunya program pengukuran tingkat kepuasan penumpang pada tahap keberangkatan hingga kedatangan penumpang melalui bandara yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Saat ini, ACI beranggotakan sebanyak 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang tersebar di 185 negara di dunia.

Setelah tahun kedua pandemi, pemenang ASQ Awards di tahun ini secara khusus adalah cerminan dari kepemimpinan dalam memberikan pengalaman pelanggan pada masa paling menantang dalam sejarah sektor industri penerbangan.

“Di tengah situasi pandemi global COVID-19 yang belum usai, kami selaku pengelola bandara berkomitmen untuk dapat memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa secara konsisten. Kualitas layanan prima juga kami selaraskan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat serta sesuai aturan,” kata Faik Fahmi.

Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan dalam mengintegrasikan aspek keselamatan, kemananan, dan kesehatan dengan aspek kenyamanan pengguna jasa bandara.

Baca Juga: Industri Aviasi Membaik, Pergerakan Penumpang 15 Bandara AP I Naik 43 Persen