Dukung Perwujudan Pembangunan Sosial, Kakanwil Hadiri Seminar Nasional di Unram

0
65

(Vibizmedia – Ntb) ntb.kemenkumham.go.id – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Romi Yudianto menghadiri seminar nasional Hubungan Internasional pada Kamis (08/09) yang diadakan di Universitas Mataram bertajuk Kolaborasi Pemangku Kebijakan dalam Menghadapi Gender-Based Violance Post Covid-19 sebagai Perwujudan Pembangunan Sosial di Indonesia.

Seminar ini menghadirkan narasumber yaitu Wismaningsih selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Any Suryani Hamzah selaku Ketua Pusat Studi Hak Asasi Manusia, Elisabeth dan Indra Oktaviany dari Adolelescent and Health Agency program Manager plan Internasional.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hubungan Internasinal, Moh Sood, menyampaikan harapannya agar kegiatan tersebut dapat menjadi solusi dan informasi terkait kejahatan berbasis gender yang seringkali dialami kaum wanita dan anak-anak.

Ketiga narasumber yang dihadirkan menjelaskan peran penting pemerintah, akademisi serta lembaga swadaya masyarakat untuk berkolaborasi dalam bahu membahu melakukan pencegahan, partisipasi dan pemberdayaan serta memastikan akses masyarakat terhadap keadilan.

Elizabeth, yang merupakan praktisi dan pemerhati kekerasan pada anak dan wanita memaparkan data yang bersumber dari United Nation bahwa kekerasan pada anak dan wanita hampir terjadi di seluruh negara di dunia. Hal ini disebakan pada struktur kekuasaan yang menjadikan lelaki lebih superior dibandingkan wanita dalam segala hal.

Romi Yudianto saat ditemui seusai menghadiri kegiatan tersebut berharap agar impelentasi dan tindak lanjut secara nyata dapat dilakukan dengan segera karena berdasarkan data yang ada kejahatan berbasis gender terus meningkat pasca pandemi covid 19.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham NTB