Media Center KTT G20 Siap Tampung 1.500 Jurnalis

0
56
G20
Jelang KTT G20, Media Center Kominfo Siap Layani Jurnalis Nasional dan Internasional (Foto: Kemkominfo)

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan Media CenterKTT G20 berkapasitas 1.500 jurnalis peliput, di kawasan Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Provinsi Bali, pada 15-16 November 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, dalam Konferensi Pers persiapan Media Center KTT G20 yang digelar daring pada Selasa (20/9/2022), menyatakan: “Kominfo menyiapkan Media Center untuk keperluan teman-teman media dalam melakukan liputan event KTT G20 di Bali pada 15 – 16 November 2022. Media Center akan beroperasi sejak 13 – 17 November 2022”.

Lokasi Media Center terpisah dengan lokasi acara utama di Hotel Apurva, sehingga Kominfo menyiapkan shuttle bus listrik yang akan mengantarkan wartawan untuk meliput ke lokasi acara.

Tim jurnalis yang meliput tidak diperkenankan menyewa kendaraan pribadi dalam kawasan tersebut, karena pantia acara telah menyiapkan kendaraan listrik.

“Itu juga sesuai komitmen Indonesia mewujudkan transisi energi baru terbarukan dalam pertemuan KTT G20 di Bali,” imbuhnya.

Fasilitas yang disiapkan di Media Center antara lain ruang kerja media media (working room) yang memiliki 192 unit komputer yang terhubung dengan jaringan local area network (LAN) dengan koneksi internet 1,5 giga byte per second (Gbps). Ada ruang makan, ruang konferensi pers berkepasitas 443 orang dengan penerjemah untuk lima Bahasa. Juga sejumlah both studio mini, ruang medis, ruang relaksasi, layar monitor, tempat siaran televisi, hingga area Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jadi Media Center bisa diisi atau ditempati oleh 1.500 awak media. Kemudian juga dalam fasilitas komunikasi, kita bekerja sama ya dengan PT Telkom,” tuturnya.

Di Media Center akan disiapkan hasil rekaman video yang bisa dipergunakan untuk disiarkan di stasiun TV awak media yang meliput. Kominfo juga akan menyiapkan siaran pers, hingga agenda jumpa pers dari sejumlah narasumber, baik menteri maupun kepala negara G20 di Media Center.

Hingga Selasa (20/9/2022) telah terdaftar 750 jurnalis dari 156 media. Dengan rincian 547 jurnalis dari 111 media internasional, dan 203 jurnalis dari 45 media nasional.

Baca Juga: Persiapan Indonesia Menuju KTT G20 Ada Pada Jalur yang Benar