Pentingnya Digitalisasi Demi Pelayanan Publik yang Efektif

0
63

(Vibizmedia – Nasional) Jakarta – Di tengah pandemi yang masih melanda, digitalisasi merupakan solusi untuk memberikan pelayanan publik yang efektif. Hal tersebut disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Indonesia-Netherlands Legal Update (INLU) 2022, di Kedutaan Besar Belanda, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2022).

Tema INLU tahun ini yaitu Digitalisasi, Inovasi dan Menjaga Hubungan Hukum, dinilai sangat relevan dengan situasi global saat ini dimana kita semua berjuang untuk pulih dari dampak pandemi Covid-19. Digitalisasi dan inovasi menjadi penting dalam hal ini, untuk menjalankan hubungan hukum menggunakan teknologi yang mutakhir demi menegakkan keadilan.

“Pemutakhiran teknologi informasi demi perubahan menuju digitalisasi dan inovasi menjadi krusial dalam menyediakan pelayanan publik yang lebih baik, efektif dan efisien,” ujar Menteri Hukum dan HAM.

Sejalan dengan tema INLU tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), lanjut Menkumham, telah meluncurkan “Transformasi Digital”, dimana seluruh unit kerjanya menerapkan sistem komputerisasi dan pelayanan publik digital untuk memastikan efisiensi dan pelayanan yang transparan.

“Beberapa aplikasi sudah bisa diunduh melalui Android/IOS, seperti ‘Legal Smart Channel’ untuk mengakselerasi proses pelayanan publik dan untuk menyebarkan informasi terkait kerja hukum” ucap Yasonna.

Adapun salah satu program prioritas di Kementerian Hukum dan HAM yaitu Access to Justice (akses terhadap keadilan). Kemenkumham terus memastikan persamaan di depan hukum sebagaimana tertuang dalam Konstitusi, terutama bagi kelompok rentan di masyarakat untuk memiliki proses hukum yang adil dan transparan.

“Digitalisasi menjadi penting dalam mengefektifkan pelayanan hukum. Kami menggunakan sistem database dalam memberikan bantuan hukum di semua provinsi, yang meliputi verifikasi, monitoring dan evaluasi,” terang Menkumham.

Lebih lanjut Menkumham mengatakan, INLU memainkan peran penting dalam memajukan supremasi hukum di Indonesia sebagai bagian dari reformasi hukum nasional. Kolaborasi dengan berbagai institusi harus terus mendukung upaya peningkatan akses keadilan dan modernisasi pendidikan hukum di Indonesia.

“Keikutsertaan perwakilan dari berbagai lembaga kedua negara (Indonesia dan Belanda) akan memperkaya pertukaran pandangan dan memperluas jejaring, yang bermanfaat untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda,” tutup Menkumham.

Indonesia-Netherlands Legal Update (INLU) 2022 merupakan forum penting untuk bertukar cara pandang dan pengalaman antara pembuat kebijakan, para ahli, peneliti dan praktisi tentang prinsip hukum. Kegiatan tersebut nantinya akan berdampak pada hubungan jangka panjang dan kolaborasi antara individu dan institusi dari kedua negara.

Topik diskusi yang luas yang diselenggarakan oleh INLU tahun ini penting untuk mengidentifikasi potensi kerja sama dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat di tengah pandemi yang melanda. (Kiki, Foto : Komar)

Sumber : Humas Kemenkumham Nasional