Hasil Diskusi Para Menteri pada Pertemuan ke 3 G20 TIIWG Diharapkan Mendukung Pemulihan Ekonomi

0
268
Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG)
Sesi Penyusunan Pernyataan Para Menteri pada Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) telah berlangsung di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, Senin , 19 September 2022 (Foto: Kemendag)

(Vibizmedia – Bali) Sesi Penyusunan Pernyataan Para Menteri pada Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) telah berlangsung di Hotel Sofitel Nusa Dua, Bali, Senin (19 Sep) dengan dipimpin oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Djatmiko Bris Witjaksono.

Ada enam isu prioritas yang akan dibahas dalam sesi ini, yaitu reformasi WTO; peran sistem perdagangan multilateral untuk memperkuat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs); respons perdagangan, investasi, dan industri terhadap pandemi dan arsitektur kesehatan global; perdagangan digital dan rantai nilai global yang berkelanjutan; investasi berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi global; serta industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan melalui industri 4.0.

Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG)
Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group/TIIWG (Foto: Kemendag)

Dirjen PPI mengatakan, hasil diskusi pada kelompok kerja ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan ekonomi yang kuat, tangguh, inklusif, dan berkelanjutan, serta turut menyukseskan pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia.

Presidensi G20 TIIWG akan mempertimbangkan semua pandangan dan masukan dari seluruh negara G20 secara berimbang dan fokus pada kesamaan pandangan dalam seluruh agenda prioritas.

Indonesia menginginkan agar seluruh isu prioritas dapat selaras dengan pencapaian SDGs sebagai tujuan utama untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG)
Salah satu delegasi menyampaikan presentasi dalam Pertemuan Ketiga G20 Trade, Investment, and Industry Working Group/TIIWG (Foto: Kemendag)