Melalui PMN Negara Hadir Membangun Desa

0
122
Melalui PMN Negara Hadir Membangun Desa
(Photo:Kemenkeu)

(Vibizmedia-Rote) Negara hadir hingga menyentuh masyarakat di pulau paling selatan Indonesia. Melalui dana Penyertaan Modal Negara (PMN), kini 282 rumah tangga di Pulau Rote Ndao dapat menikmati listrik PLN dan kian produktif. Melalui PMN ini, negara hadir membangun desa yang bermuara pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Negara kita memberi modal kepada PLN. Nah, kalau PLN diberi modal maka negara itu meminta PLN menggunakan modal itu untuk hal-hal yang positif, salah satunya adalah jalur listrik desa. Jadi, saat ini kalau dikatakan ini adalah proyek PMN, maka ini adalah proyek yang dimodali oleh negara supaya PLN membangun jalur-jalur listrik Desa, demikian dijelaskan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat hadir dalam kunjungan kerja ke Desa Mboeain, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (23/09).

Melalui dana PMN, PLN membangun lebih dari 9 km sirkuit Jaringan Tegangan Menengah dan lebih dari 14 km sirkuit Jaringan Tegangan Rendah. Tak hanya untuk penerangan rumah tangga, kini 2 rumah ibadah, 3 fasilitas pendidikan, 1 fasilitas kesehatan, dan kegiatan ekonomi mikro di Desa Mbueain makin menggeliat dengan adanya listrik.

Wamenkeu mengatakan bahwa dana yang digunakan untuk PMN adalah berasal dari pajak yang dikumpulkan dari masyarakat. Wamenkeu menegaskan bahwa uang pajak harus digunakan untuk memajukan kesejahteraan rakyat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sebagai bagian dari mesin besar Indonesia, Kementerian Keuangan akan terus bekerja di satu sisi mengumpulkan penerimaan negara dan di sisi yang lain memberikan modal berbagai macam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) supaya hadir di tengah-tengah masyarakat, serta akan terus memberikan belanja-belanja negara termasuk transfer ke daerah nanti masuk ke dalam APBD yang juga untuk menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat.

Karena itu pada saat ini saya senang melihat bahwa uang negara yang dikumpulkan bersama, kita kelola bersama, dipakai untuk masyarakat bersama. Ini adalah yang disebut dengan cara kita bernegara, karena memang tugas dari negara adalah memajukan kesejahteraan umum dan memajukan kesejahteraan warga negara, demikian disampaikan Wamenkeu.