Lakukan Pengawasan Orang Asing, TIMPORA Kalsel kunjungi 2 Perusahaan di Kabupaten Tabalong

0
81

(Vibizmedia – Kalsel) Tanjung, Humas_Info – Tegakkan Hukum dalam Pengawasan Orang Asing yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, TIMPORA Kalsel lakukan pemeriksaan pada PT. Tanjung Power Indonesia dan PT. Conch South Kalimantan Cement, Rabu (28/09). Operasi Gabungan terdiri dari Divisi Keimigrasian, Kanim Kelas I TPI Banjarmasin, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tabalong, Kepala Bagian Hukum Pemda Kabupaten Tabalong, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tabalong, Kejaksaan Negeri Tabalong, Badan Intelijen Negara Daerah Kabupaten Tabalong, Satgas Badan Intelijen Strategis TNI Wilayah Kabupaten Tabalong, Satuan Intelkam Polres Kabupaten Tapin, Pas Intel Komando Distrik Militer 1008 / Tanjung.

Kegiatan diawali dengan Rapat Persiapan Operasi Gabungan Tim Pora yang dibuka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus bertempat di Kesbangpol Kabupaten Tabalong. Diawali dengan pemeriksaan di PT. Tanjung Power Indonesia, yang beralamatkan di Kasiau, Kec. Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Dari hasil pengawasan di lapangan pada PT. Tanjung Power Indonesia terdapat 4 (empat) Warga Negara Korea Selatan pemegang KITAS. Setelah dilaksanakan pemeriksaan oleh Tim, keempat WNA tersebut memiliki ITAS masih berlaku dan tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran keimigrasian ataupun permasalahan di perusahaan tersebut.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan pada PT. Conch South Kalimantan Cement, Tim Operasi Gabungan diterima dengan baik oleh Florens selaku Manager beserta staff. Hasil pengumpulan informasi dari Florens, PT. Conch South Kalimantan Cement mempekerjakan 52 (lima puluh dua) orang Tenaga Kerja Asing berkewarganegaraan China, sesuai dengan data yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin. Setelah dilaksanakan pemeriksaan oleh Tim, tidak ditemukan indikasi pelanggaran keimigrasian dan permasalahan di perusahaan tersebut.

Dalam pelaksanaan Operasi Gabungan Timpora telah dilakukan Pengawasan terhadap 2 (dua) perusahaan yang menggunakan jasa tenaga kerja asing yang berada di Kabupaten Tabalong yang merupakan wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin. Masukan dari anggota TIMPORA untuk kegiatan orang asing dapat dilakukan setiap bulannya dalam bentuk rapat atau kegiatan pengawasan di lapangan sehingga dapat bersinegritas antar instansi. Perbedaan jumlah data orang asing/TKA pada instansi terkait WNA/TKA, agar dapat segera dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan pihak Kanim Banjarmasin dan/atau Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan melalui Aplikasi SIMPORA. (Kontributor Div Im, Ed : Iwan/Eko)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel