Queensland Merencanakan “Supergrid” dan PLTA Terbesar di Dunia

0
137
Queensland

(Vibizmedia-Berita) Rencana energi dan pekerjaan 10 tahun pemerintah Queensland yang baru mencakup rencana untuk 22GW angin dan matahari, dan 11,5GW surya rooftop, dan juga termasuk “jaringan super” baru dan apa yang dikatakannya akan menjadi proyek hidro terpompa terbesar di dunia.

Berikut adalah beberapa sorotan utama dari strategi baru Buruh Queensland untuk mencapai 70% energi terbarukan di jaringannya pada tahun 2032, dan 80% pada tahun 2035, dan untuk mengubah armada generator batubara termuda di negara itu menjadi “pusat energi bersih”.

“Baterai Utara” Queensland

Penyimpanan energi jangka panjang akan menjadi kunci bagi Queensland karena memutus ketergantungannya pada tenaga berbahan bakar batu bara dan, untuk tujuan ini, negara bagian tersebut telah mengungkapkan rencana baru untuk dua proyek hidro pompa utama.

Yang pertama, dan terbesar, secara resmi akan dikenal sebagai proyek pompa air Pioneer-Burdekin, tetapi pada jamuan makan siang CEDA pada hari Rabu, Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan dia lebih suka menyebutnya “Baterai Utara.”

Ditujukan untuk sebuah situs 70km barat Mackay, proyek ini disebut-sebut sebagai proyek penyimpanan energi hidro terpompa (PHES) terbesar di dunia, tentu saja jauh lebih besar daripada Snowy 2.0 di NSW, dengan penyimpanan 24 jam 5GW.

Menurut dokumen pemerintah, studi awal sedang dilakukan untuk situs ini dan ada potensi tahap pertama akan selesai pada tahun 2032.

Palaszczuk mengatakan bahwa pada saat tahap kedua dari Battery of the North mulai online, Queensland akan “tidak lagi bergantung pada batu bara dan memiliki 80% energi terbarukan.”

Pompa air borumba

Proyek PHES lain yang diresmikan pada hari Rabu adalah Borumba, yang terletak di dekat Imbil di Sunshine Coast. Menurut dokumen, situs ini telah menjalani desain rinci dan analisis biaya, serta konsultasi dengan masyarakat setempat.

Ada sedikit detail tentang ukuran dan kapasitas penyimpanan proyek ini, meskipun mengingat jumlah keseluruhan PHES yang diumumkan adalah hingga 7GW, ini menunjukkan bahwa ini bisa menjadi 2GW penyimpanan 24 jam.

Untuk kedua proyek PHES, pemerintah telah menyisihkan $273,5 juta – termasuk dana baru $203,5 juta – untuk mendukung investigasi rekayasa dan lingkungan yang terperinci, pelibatan masyarakat, dan beberapa pekerjaan akses awal. Sebuah entitas pemerintah baru, Queensland Hydro, sedang dibentuk untuk mengembangkan proyek-proyek tersebut.

Jaringan Super

Palaszczuk mengatakan bahwa untuk memenuhi target energi terbarukan baru negara bagian, negara bagian perlu membangun SuperGrid – “arteri Revolusi Industri energi bersih kita.”

SuperGrid akan terdiri dari sekitar 1500km jalur transmisi 500 kV dari Brisbane hingga Queensland Utara dan ke barat hingga Hughenden – yang terbesar dibangun dalam sejarah Queensland, kata perdana menteri.

“Tulang punggung transmisi” ini, yang dianggarkan pemerintah sebesar $285 juta, akan membuka dan menghubungkan zona energi baru terbarukan negara bagian dan mendukung dekarbonisasi pemrosesan logam di Queensland tengah.

Palaszczuk mengatakan SuperGrid akan mendukung 22GW angin baru dan solar baru, atau setara dengan 2.000-3.000 lebih banyak turbin angin dan 36 juta lebih banyak panel surya.

Strategi industri baterai Queensland

Queensland mengatakan akan mengikutinya, dengan Strategi Penyimpanan Energi negara bagiannya sendiri yang akan dirilis pada tahun 2024, yang akan berfokus pada berapa banyak penyimpanan yang dibutuhkan sistem energi.

Strategi Industri Baterai yang terpisah akan berfokus pada pertumbuhan peran Queensland dalam rantai pasokan baterai. Secara khusus, ia berkomitmen $ 500 juta untuk mengembangkan baterai skala jaringan dan komunitas yang didukung pemerintah. Ini bertujuan untuk penyimpanan baterai skala grid 3GW, dan penyimpanan rumah tangga 6GW.

Menariknya, Palaszczuk mengatakan pipa pengadaan akan mencakup teknologi baterai aliran baru yang dapat dibuat di Queensland dengan mineral yang bersumber secara lokal.

Waktu kritis untuk batubara saat energi terbarukan mengambil alih

Untuk membantu mendanai peluncuran dan penyambungan energi terbarukan 22GW lainnya pada tahun 2035, rencana baru tersebut mengatakan negara bagian akan meningkatkan Dana Pekerjaan Energi Terbarukan dan Hidrogen dengan $2,5 miliar menggunakan royalti batu bara.

Utilitas milik negara Powerlink juga akan menginvestasikan $365 juta untuk peningkatan jaringan di Queensland Tengah, dan pemerintah akan menyiapkan undang-undang dan peta jalan jangka panjang tentang Zona Energi Terbarukan Queensland.

Sementara itu, pembangkit listrik tenaga batu bara yang ada di negara bagian ini akan secara progresif menjadi pusat energi bersih mulai tahun 2027, yang akan menggunakan “turbin pemintalan besar” pembangkit untuk menyediakan kekuatan sistem ke jaringan.

Palaszczuk mengatakan pusat energi bersih ini akan terdiri dari campuran baterai skala jaringan, gas dan kemudian pembangkit listrik tenaga hidrogen dan pusat pemeliharaan untuk pembangkit listrik tenaga angin dan surya terbarukan milik pemerintah terdekat.

“Itu berarti bahwa pusat energi ini akan terus berkontribusi pada ekonomi regional. Artinya, kami memberikan kesempatan kepada pekerja untuk tetap tinggal di komunitas mereka. Situs-situs ini akan terus menjadi penting untuk masa depan hanya dengan bahan bakar yang berbeda matahari, angin dan hidrogen.”

Gas, hidrogen, dan “gas tanpa emisi”

Menurut dokumen tersebut, SuperGrid Queensland akan membutuhkan sekitar 3GW “gas rendah hingga tanpa emisi” untuk menghasilkan listrik pada waktu puncak, dan untuk menyediakan kapasitas penyimpanan, pengencangan, dan pengiriman.

Untuk memenuhi kebutuhan ini dalam jangka pendek, rencana tersebut menyarankan pencampuran hidrogen dengan gas alam. Dalam jangka panjang, tujuannya adalah untuk beralih ke hidrogen terbarukan “untuk menyediakan daya yang dapat dikirim.”

“Ini adalah polis asuransi penting bagi negara bagian untuk memastikan Queensland dapat memenuhi permintaan listrik selama masa puncaknya,” kata rencana tersebut. Ini juga menciptakan sumber permintaan domestik untuk industri hidrogen terbarukan yang sedang tumbuh.

Untuk tujuan ini, pemerintah Queensland akan berinvestasi dalam pembangkit listrik tenaga puncak gas siap-hidrogen 200MW baru di Kogan Creek dari yang akan dikembangkan oleh CS Energy dalam kemitraan dengan Iberdrola.

Aset ini akan melengkapi pembangkit demonstrasi hidrogen terbarukan milik CS Energy dan baterai 100 MW/200 megawatt jam di pusat energi bersih Kogan Creek.

Rencana tersebut juga menempatkan $20 juta untuk supercharging hub hidrogen terbarukan dan “membangun kesadaran untuk industri.”