Tingkatkan Daya Saing dalam Optimalisasi Peningkatan Perekonomian Nasional

0
86

(Vibizmedia – Kalsel ) Banjarmasin, Humas_Info – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual dan Sertifikasi Halal Produk. Bimbingan Teknis ini diselenggarakan pada tanggal Selasa (27/09) di Convention Hall Hotel Banjarmasin International dengan Peserta dalam bimbingan teknis ini terdiri dari perwakilan UKM, dan dinas terkait dari 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber untuk memberikan pemaparan mengenai Hak Kekayaan Intelektual bagi Penggiat UMKM. Ngatirah memberikan gambaran mengenai pentingnya Kekayaan Intelekual dengan melihat orang terkaya di dunia saat ini.

“Sumber pendapatan yang mereka miliki itu berasal dari ide-ide berupa penemuan di bidang teknologi atau merek-merek dari produk dagang yang telah mereka daftarkan dan dilindungi oleh Kekayaan Intelektual,” ujar Ngatirah.

Ngatirah melanjutkan sesi dengan menjelaskan HKI untuk para pemilik UMKM khususnya perlindungan merek dan rahasia dagang. Merek sendiri merupakan pengenal untuk membedakan sebuah produk dengan produk lain, serta digunakan untuk kegiatan bisnis. Dengan statusnya sebagai pembeda ini, secara tidak langsung merek menjamin bentuk dan kualitas produk yang diperdagangkan oleh pembuatnya.

Pemaparan ini disambut baik oleh peserta bimbingan teknis dengan aktif melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai teknis pendaftaran merek hingga kiat-kiat agar merek tidak ditolak ketika akan didaftarkan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian di Indonesia. Tetapi, UMKM tidak terlepas dari persaingan bebas yang dapat memberi peluang untuk memasarkan produknya dan memberikan stimulus untuk penggiat UMKM agar melakukan upaya peningkatan daya saing. (Humas Kanwil Kalsel, teks dan foto : Kontributor Subbid KI, ed : Eko/Mahdian)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel