Tingkatkan Pengamanan Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Sumut Tangkap 6 WNA Nigeria Tanpa Izin Tinggal

0
104

(Vibizmedia – Sumut) Medan – Tangkap 6 Warga Negara Asing Nigeria tanpa izin tinggal, Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara terus berusaha tingkatkan pengamanan keimigrasian di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Gelora Adil Ginting, dalam amanatnya selaku Pembina Apel hari ini. Kamis, (29/09/2022).

“Divisi Keimigrasian telah melakukan pengawasan terhadap Warga Negara Asing, yaitu Warga Negara Asing Nigeria. Kami telah menangkap 6 orang Warga Negara Asing, diantaranya adalah 2 orang yang telah overstaying selama 2 tahun dan 4 orang yang tidak memiliki dokumen resmi,” jelas Gelora.

Tidak sampai situ, Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara juga melakukan koordinasi dengan Kedutaan Nigeria di Jakarta dan mendeportasikan keenam Warga Negara Asing tersebut ke negara asalnya melalui Bandara Soekarno Hatta.

Tentunya, peningkatan pengamanan ini tidak terlepas dari kontribusi masyarakat dan karenanya Gelora menyampaikan himbauan kepada seluruh pegawai untuk dapat menyampaikan informasi penting terkait keberadaan Warga Negara Asing tanpa dokumen ataupun yang telah overstaying kepada Divisi Keimigrasian.

“Mohon untuk teman-teman semua, jika mengetahui Warga Negara Asing di wilayah kita, khususnya di Medan, untuk memberitahu ke kami agar kami dapat melakukan pengecekan apakah yang bersangkutan masih memiliki izin tinggal atau tidak,” ujar Gelora.

Selain terkait dengan keimigrasian, Pria kelahiran 1969 itu juga mengingatkan kepada seluruh pegawai akan pelaksanaan Psikotest Calon Taruna/Taruni POLTEKIP dan POLTEKIM yang berlangsung hari ini. Untuk itu, Gelora menghimbau agar seluruh pegawai dapat menjaga ketenangan kantor agar pelaksanaan ujian dapat berjalan dengan tenang dan lancar.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Sumut