Lakukan Misi Pembelajaran ke Italia Demi Pengembangan Produk Indikasi Grafis Indonesia

0
91
Indikasi Grafis Indonesia
Delegasi Indonesia melakukan dialog dengan perwakilan Pemerintah Daerah Modica, Consortium Chocolate Modica, Sekolah Gastronomi Modica, museum cokelat, butik dan pabrik cokelat, serta peritel produk kakao Modica (Foto: Kemendag)

(Vibizmedia – Italia) Bekerja sama dengan Arise+ Indonesia  Kementerian Perdagangan terus berupaya mengembangkan dan memperluas produk-produk Indikasi Geografis (IG) Indonesia.

Indikasi geografis adalah penyebutan nama wilayah geografis dari negara, daerah, atau tempat untuk menunjukkan asal suatu produk, berdasarkan kualitas dan sifat khusus lingkungan geografis, termasuk faktor alam dan faktor manusianya. Misalnya Anggur Bordeaux, Anggur Cham- pagne, Apel Malang, dan Sutra Thailand.

Salah satu bentuk kerja sama ini adalah dengan melakukan misi pembelajaran (study mission) ke Italia, pada 21—23 September 2022, untuk mendalami cara-cara mengembangkan cokelat Modica sebagai produk IG negara tersebut.

Italia merupakan negara yang memiliki perlindungan Indikasi Geografis (Protected Geographical Indication/PGI) paling banyak di Eropa, yaitu sebanyak 879 produk IG dari 3.310 total produk IG di Eropa.

Delegasi Indonesia  terdiri dari perwakilan Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM, Dewan Kakao Indonesia, dan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis Kakao Berau.

Dalam kunjungan ini delegasi Indonesia  melakukan dialog dengan perwakilan Pemerintah Daerah Modica, Consortium Chocolate Modica, Sekolah Gastronomi Modica, museum cokelat, butik dan pabrik cokelat, serta peritel produk kakao Modica.

Indikasi Grafis IndonesiaUntuk ke depan nanti Kemendag melakukan sejumlah  upaya  sebagai bentuk komitmen  mendukung pengembangan produk IG. Salah satunya adalah  menyosialisasikan serta mengajak kementerian/lembaga lainnya serta pemerintah daerah  meningkatkan kesadaran terhadap produk IG, serta bangga dengan produk IG Indonesia. Selain itu, Kemendag juga mempromosikan produk IG tidak hanya dilakukan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Indikasi Grafis Indonesia
Kerjasama

Kemendag berharap, dengan adanya misi pembelajaran ini, tercipta kerja sama antara produk ber-IG Indonesia dan Italia, yaitu kakao berau dan kakao modica serta keberterimaan proteksi IG Indonesia di EU.

Hasil konkret kerja sama atas program misi pembelajaran ini adalah Indonesia beroleh tawaran mengikuti Pameran SIGEP, the Dolce World Expo di Rimini, Emelia Romagna dan stan gratis sebesar 60 m2 bagi perusahaan makanan atau cokelat.

Indikasi Grafis Indonesia

SIGEP merupakan International Trade Show of Artisan Gelato, Pastry, Bakery and the Coffee World. Pameran dagang tersebut telah berlangsung pada 21–25 Januari 2022.

Baca juga:

Sektor Industri Kontribusi 71,55% pada Ekspor Nasional