Kanwil Kemenkumham NTB Turut Peringati Hari Kesaktian Pancasila

0
98

(Vibizmedia – NTB) ntb.kemenkumham.go.id – Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham NTB beserta Satuan Kerja baik di Pulau Lombok maupun Sumbawa, turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan mengikuti Upacara pada Sabtu (01/10).

Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” ini dilaksanakan berpusat di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar dengan Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTB, Romi Yudianto yang diikuti oleh jajaran Satuan Kerja Se-Pulau Sumbawa . Upacara juga dilaksanakan di Kantor Wilayah dengan Kepala Bagian Umum, Lalu Wasil, sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh peserta dari Satuan Kerja se-Kota Mataram.

Hari Kesaktian Pancasila 2022 diperingati pada 1 Oktober. Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tahunnya agar masyarakat dapat memahami sejarah bangsa Indonesia. Dan begitu pula pentingnya peran pancasila sebagai ideologi utama negara.

Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI. Awalnya peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini hanya dilakukan oleh Angkatan Darat. Kini Hari Kesaktian Pancasila menjadi salah satu Hari Nasional yang diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Sumber : Humas Kanwil kemenkumham NTB