Update Penyaluran BLT BBM Oleh Dirjen Anggaran Kemenkeu

0
110
Update Penyaluran BLT BBM Oleh Dirjen Anggaran
(Photo: Kemenkeu)

(Vibizmedia-Nasional) Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menyampaikan update penyaluran bantuan sosial kebijakan Bantuan Langsung Tunai Pengalihan Subsidi Bahan Bakar Minyak (BLT BBM). Bansos yang bertujuan meringankan beban ekonomi dan menjaga daya beli rumah tangga miskin/rentan sebagai dampak naiknya harga BBM ini, telah terealisasi Rp6,2 triliun atau 50% dari jumlah anggarannya Rp12,39 triliun.

Isa mengungkapkan saat ini yang sudah tersalurkan itu Rp6,2 triliun pada Media Briefing terkait Bantuan Sosial di Jakarta, Jumat (30/09).

Kebijakan BLT BBM ini diperuntukkan bagi 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat yang masing-masing menerima Rp150 ribu/bulan/KPM. Tahap I pada Bulan September 2022 telah tersalurkan untuk dua bulan yaitu September dan Oktober, sehingga masing-masing KPM secara tunai menerima Rp300 ribu yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia.

Sementara itu untuk penyaluran tahap kedua direncanakan akan disampaikan pada Bulan November. Penyaluran tahap II ini merupakan penyampaian BLT BBM untuk Bulan November dan Desember.

September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Nanti Bulan November akan disalurkan yang kedua Rp300 ribu lagi. Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM, demikian ditegaskan Isa,