Kemenkumham Malut Lakukan Koordinasi Pembangunan Gedung dan Infrastruktur Perkantoran Di Sofifi

0
90

(Vibizmedia – Malut)  Sofifi, malut.kemenkumham.go.id – Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut) Andi Basmal disela- sela melihat kesiapan stan pameran pekan raya Sofifi yang akan digelar 5 s/d 12 Oktober nanti juga melakukan koordinasi ke Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Malut dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemprov Malut, Rabu (05/10/2022).

Dalam kunjungannya, Kadiv Administrasi Andi Basmal didampingi Kepala Bagian Program dan Humas, Irwan Kadir bertemu secara langsung dengan Sekda Samsuddin Abdul Kadir diruang kerjanya.

Andi Basmal menyampaikan salam hormat dari Pimpinan Kanwil Kemenkumham Malut serta menyampaikan dukungan pengembangan Prov. Malut sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB).

Andi Basmal juga menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Malut berencana membangun gedung perkantoran di Ibukota Malut. Tentunya, pembagunan tersebut kata Andi Basmal, harus didukung dengan tersedianya lahan sebagai tahap awal pembangunan.

“Kunjungan kami dan tim secara khusus untuk membahas tindak lanjut hibah tanah dari Pemprov Malut kepada Kanwil Kemenkumham Malut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Andi Basmal berharap bahwa jika pembangunan gedung kantor ini berlanjut, kedepannya juga akan dibangun Kantor Imigrasi dan Lembaga Pemasyarakatan dalam satu Kawasan tersebut.

“Anggaran kami akan turun diawal tahun depan. Kami juga sudah menerima rekomendasi dari Kementerian PUPR. Harapannya, Desember ini sudah siap untuk dilakukan pembangunan tahap awal.” Ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Setda Prov Samsuddin Abdul Kadir menyampaikan bahwa kami sudah menyiapkan lahan hanya akan melihat kembali besaran luas yang akan digunakan untuk pembangunan gedung kantor Kementerian Hukum dan HAM sebagai kawasan perkantoran.

“Besaran luas tanah yang diminta akan kami kaji dan mencoba melihat besaran tanah yang tersedia dan akan kami arahkan pada satu kawasan perkantoran di Sofifi.” Tuturnya.

Dirinya juga menjelaskan tengah menyiapkan lahan untuk pembangunan gedung dan infrastruktur perkantoran. Harapan besarnya agar seluruh instansi vertikal dapat melakukan aktifitas perkantoran di ibukota Provinsi, termasuk Kemenkumham.

“Hal ini menjadi pembahasan dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan di Provinsi Malut, termasuk halnya Kanwil Kemenkumham.”

“Kami juga telah melakukan rapat bersama beberapa menteri. Tinggal menunggu keputusan serta persetujuan Menteri Keuangan guna mendukung pembangunan gedung kantor instansi pusat.” Ungkapnya.

Sumber : (Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi)