Sosialisasikan Peran Balai Harta Peninggalan Dalam Memberikan Perlindungan Kepada Subjek Hukum

0
84

(Vibizmedia – Jateng) MALANG – Peran Balai Harta Peninggalan dalam memberikan perlindungan kepada subjek hukum terus dipublikasikan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi yang melibatkan stakeholder terkait.

Hari ini Senin (03/10) giliran BHP Surabaya yang menggelar sosialisasi terkait tusinya. Dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji dan didampingi KadivYankum dan HAM Subianta Mandala, kegiatan digelar di Hotel Grand Mercure Malang.
Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa BHP memiliki peran krusial dalam memberikan perlindungan kepada subjek hukum yang tidak cakap hukum berdasarkan putusan dan/atau penetapan pengadilan.

Ada empat fokus layanan BHP Surabaya yang perlu diketahui stakeholder dan masyarakat. “Yaitu perwalian, pengampuan, penerbitan surat keterangan hak waris dan pengurusan harta kekayaan orang yang dinyatakan tidak hadir atau afwezigheid,” uraianya.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan juga dapat membangun sinergitas antara BHP Surabaya dengan Instansi terkait khususnya kelurahan/pemerintah desa. “Dan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan Tusi BHP Surabaya,” terangnya.

Untuk diketahui kegiatan diskusi panel ini menghadirkan narasumber yaitu Pengadilan Negeri Malang, Pengadilan Agama Malang, Badan Pertanahan Kota Malang, Bagian Hukum Pemerintah Kota Malang dan BHP Surabaya.

Sedangkan peserta yang hadir dari berbagai instansi di Kota Malang seperti Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Bagian Hukum Pemkot, Badan Pertanahan, Polres Kota, Kejaksaan Negeri, Peradi, Ikatan Notaris Kota Malang, Perwakilan Bank di Kota Malang serta camat dan lurah se-kota Malang. (wisnu/kumhamjatim)

Sumber : Humas Kanwil Kmenekumham Jateng