Festival Indonesia di Melbourne Dihadiri Lebih Dari 4000 Pengunjung

0
104
Festival Indonesia Inc. bekerjasama dengan KJRI Melbourne menyelenggarakan Festival Indonesia ke-9 di Melbourne (Foto: Kemenlu)

(Vibizmedia – Melbourne,  Australia) Setelah 10 tahun vakum, Festival Indonesia Inc. bekerjasama dengan KJRI Melbourne menyelenggarakan Festival Indonesia ke-9  sekaligus menjadi festival perdana di Melbourne.

Sesuai dengan moto Recover Together Recover Stronger yang diusung dalam Presidensi Indonesia di G-20, Festival Indonesia di Melbourne diharapkan dapat mendukung upaya pemulihan pariwisata Indonesia dan mendukung upaya peningkatan kembali awareness dan popularitas bahasa Indonesia di tengah-tengah masyarakat lokal Australia.

Ketua Festival Indonesia Inc, dr. Celyanda Goeltom, menyatakan, lebih dari 1000 orang telah berpartisipasi untuk memeriahkan Australia’s biggest Flashmob Maumere Dance yang diselenggarakan dalam acara Outdoor Festival Indonesia 2022.

Kali ini Festival Indonesia  diselenggarakan dalam dua rangkaian kegiatan berbeda dan dengan sumber daya yang terbatas. Acara ini telah memberikan hasil bagi promosi kuliner dan wisata Indonesia kepada masyarakat lokal, selain menjadi penawar rindu bagi diaspora Indonesia yang sudah lama belum pulang ke Indonesia. Hal ini disampaikan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Melbourne, Kuncoro Waseso.

Acara Indonesian Night

Indonesian Night juga telah diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan “Resepsi Diplomatik KJRI Melbourne” di Sofitel, Melbourne pada tanggal 30 September 2022. Kegiatan Indonesian Night yang bertema Echo of the Archipelago menampilkan sejumlah tarian tradisional dan kontemporer yang berasal dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia dan ditampilkan oleh empat kelompok yakni Nona Asri, Kaori Academy Center, Kita Art Community dan Komunitas Bonapasogit.

Tidak hanya itu. Salah satu desainer batik ternama Frida Aulia juga ikut menampilkan sejumlah koleksi batiknya dengan tema True Colors Pesona Biru Indonesia. Total penonton yang hadir pada acara tersebut  sebanyak 236 orang yang terdiri dari para tamu VIP Resepsi Diplomatik, media, dan masyarakat umum.

Kegiatan promosi kebudayaan dilanjutkan di outdoor Festival Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2022 di Argyle Square, sebuah taman yang terletak di City Center Melbourne, dengan menampilkan sejumlah tarian dan penampilan musik yang diisi oleh kelompok dari Indonesia maupun oleh kelompok komunitas-komunitas Indonesia-Australia yang ada di Melbourne.

Kegiatan juga menyiapkan sebanyak 6 stan khusus untuk restoran/katering makanan Indonesia dan 3 stan untuk penjual merchandise. Walaupun tidak banyak stan yang disiapkan pada festival perdana ini, sekitar 4000 orang pengunjung telah menonton pagelaran budaya serta mengantri untuk membeli produk-produk makanan dan barang Indonesia. Sejumlah peseta stan menyatakan jualan stannya habis terjual dan mengharapkan bisa diselenggarakan kembali.

Flashmob Tari Maumere Dengan Peserta Terbanyak di Luar Indonesia
Festival Indonesia Melbourne
lebih dari 1000 orang telah berpartisipasi untuk memeriahkan Australia’s biggest Flashmob Maumere Dance yang diselenggarakan dalam acara Outdoor Festival Indonesia 2022 (Foto: Kemenlu)

Bahkan salah satu bagian dalam outdoor Festival Indonesia 2022 adalah kolaborasi antara Festival Indonesia Inc. dan KJRI Melbourne yang berhasil menyelenggarakan Flashmob tari Maumere (Gemu Fa Mi Re) dengan peserta terbanyak di luar Indonesia. Lebih dari 1000 orang telah ikut mengambil bagian dalam upaya untuk mencatatkan sejarah baru Festival Indonesia di Melbourne.

Kemudian, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, para pengunjung yang mendaftarkan diri untuk bergabung pada Flashmob Maumere juga diberikan selendang tenun dengan corak batik untuk dipakai selama acara berlangsung, bahkan panitia juga mengenakan udeng dari kain batik sebagai tanda pengenal. Selain itu, juga disiapkan sebuah gimik mobile photo frame Instagram sebagai bentuk peringatan hari diakuinya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Baca juga:

Canberra Institute of Technology Siap Berpartisipasi Dalam Program IISMAVO Kuatkan SDM di Bidang Vokasi