Kanwil Kemenkumham NTB Lakukan Monev di TPI Khusus Medana Bay Marina

0
1064

(Vibizmedia – Ntb) ntb.kemenkumham.go.id – Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham NTB melakukan monitoring dan evaluasi di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Khusus Medana Bay Marina di Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara pada Selasa (4/10). Terminal Khusus Medana Bay Marina merupakan pelabuhan tempat kapal-kapal yacht yang masuk dan keluar wilayah Indonesia.

Pada pukul 10.00, Tim Divisi Keimigrasian yang dipimpin oleh Samsu Rizal selaku Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian, berangkat menuju Kabupaten Lombok Utara. Tim diterima oleh Arno selaku pemilik Terminal Khusus Pariwisata Medana Bay Marina.

Arno menerangkan bahwa terdapat 6 (enam) kapal yacht yang masuk pada tanggal 12 September 2022 dan 8 (delapan) kapal yacht yang berangkat pada tanggal 18 September 2022 berbendera USA, UK, Australia, dan Malaysia.

“Saat ini yacht yang sandar di laut sekitar 8 (delapan) yacht dan 5 (lima) yacht yang parkir di darat karena sedang maintenance di pelabuhan Medana Bay Marina,” terang Arno.

Dalam monev ini, Tim Divisi Keimigrasian menyampaikan informasi terkait Surat Edaran Nomor Nomor IMI-0708.GR.01.01 Tahun 2022 Tentang Kebijakan Keimigrasian Mengenai Layanan Visa Kunjungan Saat Kedatangan dan Bebas Visa Kunjungan untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

TPI laut Pelabuhan Lembar telah ditetapkan sebagai Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang melayani Pemberian BVK (Bebas Visa Kunjungan) dan juga VOA (Visa On Arrival) sehingga penumpang yacht dari beberapa negara yang belum memiliki visa dapat masuk secara lebih mudah karena penumpang dapat masuk dengan VOA atau BVK.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham NTB