Penyusunan Alokasi Anggaran 2023 Menjadi Perhatian Dirjen AHU

0
88

(Vibizmedia – Kalbar) Jakarta-Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Kalbar) Harniati mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalbar Pria Wibawa, mengikuti Rapat persiapan penyusunan alokasi anggaran unit Direktorat Jenderal Administrasi Hukum (Ditjen AHU) Umum Tahun Anggaran 2023, Kamis (06/10/2022).

Kegiatan yang mengambil tempat di Ballroom Oemar Seni Adji Gedung Ditjen AHU dihadiri langsung Direktur Jenderal AHU Cahyo R. Muzhar, Pimpinan Tinggi Pratama jajaran Ditjen AHU dan perwakilan Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil se-Indonesia.

Cahyo dalam sambutannya mengatakan beberapa waktu lalu Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga, kepala daerah dan pimpinan BUMN bahwa saat ini seluruh dunia sedang dilanda kesulitan ekonomi global yang sulit diprediksi dan dikalkulasi.

“Di tengah unprecedented times yang mengakibatkan tidak menentunya berbagai hal ini, Presiden menekankan agar kita lebih menyikapi dengan sangat serius urusan belanja negara. Beliau berpesan agar dalam situasi krisis ini, hal-hal konkret perihal belanja negara harus dilakukan,” ucap Cahyo.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta untuk tidak hanya melihat secara makro dan mikro saja, tetapi benar-benar memperhatikan secara detail kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan.

“Oleh karenanya, kita perlu waspada dan lebih bijak dalam melaksanakan tugas. Termasuk dalam penggunaan anggaran, dan tentunya perihal Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RK-BMN) guna meningkatkan pelayanan AHU di Kantor Wilayah,” jelasnya.

Cahyo menegaskan agar dalam menyusun RK-BMN tidak hanya sekedar copy paste dari tahun-tahun sebelumnya tanpa menghitung dan mempertimbangkan kebutuhan yang diperlukan.

Mengakhiri arahannya Dirjen AHU berharap kegiatan ini dapat menghasilkan RK-BMN tahun 2023 yang memenuhi kebutuhan yang ada, dan tentunya sesuai dengan apa yang diharapkan Presiden dalam rangka pemulihan perekonomian nasional. (Foto/Narasi: Eka/IqbaS)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar