Apakah Mobil Anda Sudah Ada Proteksi Banjirnya?

0
146
Advertorial Asuransi

(Advertorial-Asuransi) Saat ini musim hujan telah tiba, akhir-akhir ini wilayah Jabodetabek diguyur hujan deras. Frekuensi hujan yang cukup sering menyebabkan ada beberapa ruas jalan yang berubah menjadi titik genangan banjir dengan tingkat yang cukup tinggi.

Banjir memang tidak bisa dihindari, bukan hanya Anda harus putar otak untuk mencari rute lain yang aman dari banjir tapi mobil kesayangan Anda harus diberikan perlindungan penuh.

Tak bisa dipungkiri, setiap banjir datang beragam dampak negatif dan kerusakan mesin terjadi pada mobil kesayangan Anda. Adanya asuransi dapat melindungi Anda dari berbagai kerugian finansial akibat musibah banjir yang tidak bisa di prediksi kapan terjadi.

Mobil yang terendam banjir bisa klaim asuransi asalkan polis asuransinya sudah diperluas dengan perluasan jaminan banjir. Ini dapat Anda lakukan pada saat membeli asuransi kendaraan, perhatikan risiko apa saja yang akan dijamin dalam polis Anda.

Saat membeli asuransi mobil melalui perusahaan asuransi yang terpercaya, langkah pertama Anda diminta untuk memilih perlindungan untuk mobil Anda, apakah perlindungan TLO (Total loss Only) atau Comprehensive (All Risk).

Langkah selanjutnya baru Anda diminta memilih perluasan jaminan apa yang akan Anda ambil. Anda bisa memilih perluasan jaminan banjir, ini sudah termasuk perluasan jaminan kerusuhan, huru-hara, angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan tanah longsor.

Bayangkan jika terjadi musibah banjir dan mobil Anda sudah terdaftar asuransi tetapi tidak ada perluasan jaminan banjir, berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan perbaikan terhadap kendaraan yang terkena banjir.

Satu-satunya hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap kendaraan Anda adalah mengajukan klaim asuransi mobil pasca banjir jika polis mobil sudah dilengkapi dengan perluasan jaminan banjir.

Melalui asuransi kendaraan, beban pemilik kendaraan lebih ringan karena tanggungan perbaikan akan di tanggung pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung risiko.

Mobil yang kebanjiran bisa jadi barang rongsokan seketika karena ongkosnya bisa jadi hampir sama atau lebih besar dari beli mobil baru. Asuransi mobil yang menanggung risiko banjir memiliki aturan yang mesti dipatuhi agar klaim asuransi tidak ditolak. Syarat pengajuannya pun tidak rumit.

Jika Anda memiliki Asuransi Mobil Otomate dan mobil Anda terendam banjir, Anda dapat mengajukan klaim dan layanan emergency service melalui Hotline ACA. Maka mobil Anda yang terendam banjir akan dievakuasi.

Pada saat klaim, informasikan dengan jelas kejadian, posisi kendaraan, kondisi genangan air atau banjir yang terjadi dan bila memungkinkan dokumentasikan kendaraan yang terkena banjir.

Yang penting untuk diketahui oleh pemilik kendaraan yaitu perusahaan asuransi akan menolak klaim apabila kita dengan sengaja menerobos banjir atau berusaha menyalakan mesin setelah kendaraan terendam.

Diamkan mobil, jangan berusaha dihidupkan atau lanjut dikendarai karena air akan terhisap ke mesin. Pihak asuransi akan membantu menangani mobil Anda yang terendam banjir.

Bagi pengguna mobil, sebaiknya kembali memperhatikan kesiapan berkendara termasuk perlindungannya di musim hujan seperti sekarang ini.

Jika asuransi mobil Anda ditemukan belum dilengkapi perluasan jaminan banjir, jangan ragu untuk menambahkannya. Silahkan hubungi layanan ACA melalui WhatsApp atau Telegram 082198207682 untuk menambahkan perlindungan banjir bagi kendaraan Anda.