Kanwil Kalsel Lakukan Monev Anggaran terkait Bama dan Belanja Pegawai

0
90

(Vibizmedia – Kalsel) Banjarmasin, Keu_Info – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan kedatangan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Kamis (06/10). Kedatangan Tim Monitoring dan Evaluasi Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemekumham Kalimantan Selatan.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan evaluasi pelaksanaan anggaran TA. 2022 pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan. Adapun kegiatan monev kali ini difokuskan pada penyelenggaraan Bama (Bahan Makanan) dan Belanja Pegawai.

Pemenuhan kebutuhan makanan merupakan hal yang sangat mendasar, maka perlu dilakukan pengawasan baik dari proses pembuatannya hingga pendistribusian makanan kepada WBP. “Setiap prosesnya perlu dilakukan pengawasan, agar bisa memastikan bahwa makanan yang didistribusikan layak dan bersih, sehingga standar yang ada terkait dengan penyelenggaraan makanan bagi WBP bisa terpenuhi. Dari pengawasan dan monitoring tersebut nantinya akan dilakukan evaluasi untuk memperbaiki apa saja yang dirasa kurang dan masih belum sesuai. “Pengawasan ini perlu dilakukan karena dari situ kita akan lakukan evaluasi terkait dengan hal apa saja yang perlu untuk diperbaiki, sehingga kita dapat meningkatkan dan memenuhi standar kelayakan makanan bagi WBP,” ungkap tim monev Ditjenpas.

Pada kegiatan ini, Tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan meminta data terkait Rekapitulasi Belanja Bahan Makanan Satuan Kerja Pemasyarakatan. Dari data rekapitulasi yang telah dikumpulkan oleh Tim Kantor Wilayah.

Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Eko Herdianto menyampaikan, “pada rekapitulasi belanja bahan makanan narapidana/tahanan satuan kerja pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kalsel terdapat kelebihan pagu anggaran. Kelebihan pagu anggarn tersebut nantinya akan didrop ke Dirjenpas. Kemudian terkait rekapitulasi belanja pegawai satuan kerja pemasyarakatan mengalami kekurangan anggaran,” ungkapnya.

Tim Monev Ditjenpas menanggapi atas permasalahan tersebut. “Terkait belanja pegawai tersebut sudah fix kemudian anggaran tersebut diharapkan untuk dilakukan revisi bersamaan dengan belanja bahan makanan, begitu juga untuk kelebihan ataupun kekurangan tagihan listrik dan PDAM,” ungkap salah satu anggota tim.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Kerja Kepala Divisi Administrasi ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Eko Herdianto, Tim Monev Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang terdiri dari Robiana Surya Jatmika, Fransiscus Alimin, Sri Handayani Sitepu, dan Arfiliani Andrya, serta JFU Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Mazidah. (Kontributor Subbag Pengelolaan Keuangan – ed : Yusika/Eko)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel