Pengelolaan BMN Tertata Baik, Kumham Kalbar Kawal Terus Aset Negara

0
82

(Vibizmedia – Kalbar) Pontianak – Pelaksanaan Monitoring atas Aset Tanah dan Rumah Negara memasuki tahap akhir, Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto membuka Exit Meeting hasil monitoring atas Aset Tanah dan Rumah Negara di Ruangan Network Operation Control (NOC), Jumat (07/10/22).

Setelah meninjau dokumen legalitas yang ada serta peninjauan langsung ke lapangan, Tim Inspektorat Jenderal yang dipimpin oleh M. H. Kesuma Negara selaku Pengendali Teknis dalam kegiatan ini mengatakan bahwa secara umum aset milik negara yang dikelola oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar telah dilakukan dengan baik.

“Secara keseluruhan penata usahaan dan pencatatan Barang Milik Negara telah dilakukan dengan baik yang ada di aplikasi SIMAK BMN, namun memang setelah verifikasi dan observasi lapangan setidaknya ada 5 hal yang perlu menjadi perhatian.

Perhatian pencatatan dan penataan aset negara yang perlu penguatan bukti dan dokumen adalah 3 aset yang dimiliki oleh Kantor Wilayah seperti tanah bekas dari Kebun Binatang, Bekas Gedung Kantor Balai Harta Peninggalan di Singkawang serta Rumah Dinas Negara yang diperuntukan oleh Kakanwil yang masih diatas tanah status milik Pengadilan Negeri Pontianak.

Kemudian aset Lapas Pontianak tercatat asset 76 ribu meter persegi yang ada di dekat Bandara, rumah dinas dua unit tercatat aset milik Balai Pemasyarakatan yang harus dilengkapi dokumen yang valid terkait kepemilikan aset.

Menindaklanjuti hasil monitoring Inspektorat Jenderal, Kadiv Administrasi langsung membuat strategi untuk mengawal terus asset Negara.

“Pertama kita akan membuat tim untuk menindaklanjuti hasil temuan dan terus menjalin koordinasi antara Satuan Kerja dan Kantor Wilayah melakukan pendekatan dengan instansi terkait, kemudian membuat kronoligis riwayat aset yang valid hingga melakukan langkah pemberian tanda titik kepemilikan dengan patok-patoh hingga seperti BPN,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Sub Bagian Pengelolaan dan BMN Hendri Budi Iskanto, Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Pontianak Ardian Setiawan, Kepala Urusan Tata Usaha Widodo dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kanim Kelas I TPI Pontianak Sri Widodo, Kepala Urusan Tata Usaha Bapas Kelas II Pontianak daseluruh peserta yang hadir berkomitmen untuk terus mengawal dan mengelola aset milik negara dengan dokumen yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. (Alfian)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar