Tim Assesor Akhiri Visitasi, Hasilnya Diharapkan Dongkrak Penyelenggaraan SPBE di Kanwil Kalsel

0
106

(Vibizmedia – Kalsel) Banjarmasin, Humas_Info – Usai menjalani tugasnya dalam melaksanakan kegiatan Visitasi Evaluasi Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Tim Assesor Pusat melakukan exit meeting kepada jajaran Divisi Administrasi pada hari Kamis, (06/10). Bertempat di Ruang Kerja Kepala Bagian Program dan Humas, kegiatan diawali dengan penjelasan terkait hasil visitasi terhadap evaluasi penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik di LIngkungan Kanwil Kalsel.

Penilaian visitasi ke Kantor Wilayah dan 3 UPT oleh Tim Assesor ini bertujuan untuk melakukan verifikasi data dukung dan melihat langsung terkait beberapa indikator yakni tingkat kematangan pengelolaan ruang kendali/pusat komputasi, tingkat kematangan pengelolaan jaringan, tingkat kematangan pengelolaan perangkat TI, dan tingkat kematangan berbagi pengetahuan SPBE. Penilaian visitasi dilaksanakan dengan agenda audiensi teknis pelaksanan penilaian visitasi, penilaian visitasi terhadap Kanwil dan UPT, Assessment Access point Kanwil, penyusunan laporan penilaian visitasi.

Sub Koodinator Rumah Tangga dan Perlengkapan Pusdatin, Rehan Parga Ali mengatakan, “Kantor Wilayah dapat memetakan kebutuhan terhadan sarana dan prasarana perangkat TI untuk mensupport beragam kegiatan. Kemudian lakukan assessment dan evaluasi, untuk selanjutnya diharapkan dapat mengundang teman-teman dari pusat atau menyelenggarakan bimbingan teknis terkait kematangan SPBE”, ujarnya.

Usai pertemuan di Ruang Kerja Kepala Bagian Program dan Humas, pertemuan beralih ke Ruang Kerja Kepala Divisi Administrasi. Karena terjadi di dua tempat yang berbeda, dan di pertemuan sebelumnya tidak ada kehadiran Kepala Divisi Administrasi, maka Tim Evaluator Pusat kembali menjelaskan terkait hasil capaian dan evaluasi SPBE terhadap Kantor Wilayah Kalimantan Selatan.

Dari pemaparan yang disampaikan, Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto berpendapat, “agar Kanwil mengajukan peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang IT. “Untuk ke depan diharapkan untuk mengadakan pengajuan diklat, karena selama ini pengetahuan terkait IT di Kanwil terlebih di Unit Pelaksana Teknis masih terbatas. Nantinya diharapkan pusat dapat mengembangkan metode pembelajaran khusus, misalnya terkait kelas programmer, jaringan, pengelolaan data, manajemen IT, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

“Selain itu lakukan hal yang sama pula dengan melibatkan Diklat kepada teman-teman UPT, agar mereka memiliki kemampuan dan pengetahun yang sama secara merata.
“Undang perwakilan 33 Provinsi, karena hal ini berkaitan juga jika nantinya ada kebijakan baru dari pusat. Dan jika ini dilaksanakan maka hal tersebut akan sinkron dengan kebijakan baru yang ada, jangan sampai nantinya dipaksakan namun kemampuan SDM tidak mampu dan memiliki keterbatasan yang minim,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Kepala Bagian Program dan Humas, Hendy Emil, Kepala Sub Bagian Humas, RB, dan TI, Eko Sulistiyono, Kepala Seksi Portal Web, Masnin, Sub Koodinator RUmah Tangga dan Perlengkapan Pusdatin, Rehan Parga Ali, Pranata Komputer Ahli Muda BPSDM Hulum dan HAM, Widyantoro, Pengolah Data Aplikasi dan Database Pusdatin, Rifky Zulfikar Fawzi, Analis Sistem Aplikasi dan Jaringan Balitbangkumham, Harysandy Permana. Hasil visitasi ini diharapkan dapat meningkatkan penyelenggaraan SPBE di Kanwil Kalsel dan juga Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi Kalimantan Selatan. (Humas Kanwil Kalsel – teks, foto : Yusika, ed : Eko)

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalsel