Tingkatkan Layanan Bantuan Hukum, Kanwil Kalbar Lakukan Koordinasi ke BPHN

0
94

(Vibizmedia РKalbar) Jakarta РKepala Bidang Hukum, Edy Gunawan didampingi Kepala Sub Bidang Penyuluh Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH, Andy Hermawan Prasetio dan Penyuluh Hukum Ahli Madya, Dini Ardianti melakukan koordinasi dan konsultasi ke Tim Pengawas Pusat Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Kamis (06/10/2022).

Koordinasi ini dilakukan dalam rangka mendapatkan informasi dan solusi pada permasalahan pelaksanaan layanan bantuan hukum serta peningkatan kualitas layanan bantuan Hukum di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat.

Berikut hal-hal yang menjadi pembahasan dalam kegiatan koordinasi dan konsultasi tersebut:

1. Solusi atas tidak terdapatnya pemberi bantuan hukum di beberapa wilayah Kabupaten/Kota.

2. Pelaksanaan diseminasi/penjaringan Lembaga Bantuan Hukum/Organisasi Bantuan Hukum sebagai pemberi Bantuan Hukum akan dilaksanakan pada Tahun 2023.

3. Tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Teknis sebelumnya tentang penambahan kolom dokumentasi pada tingkat penyidikan di Aplikasi Sidbankum.

4. Masih terdapatnya pemblokiran anggaran di dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk kegiatan bantuan hukum dan Lomba Keluarga Sadar Hukum.

5. Kegiatan pelatihan paralegal saat ini dilakukan tetap mengacu kepada Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Paralegal Nomor PHN-53.HN.03.04 Tahun 2021.

Sumber : Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar