Bantuan Kemanusiaan Beserta Tim Medis dari Indonesia Telah Tiba di Karachi, Pakistan

0
88
bantuan kemanusiaan Karachi Pakistan
Delegasi yang membawa bantuan kemanusiaan dan obat-obatan beserta tim medis dari Indonesia tiba di Karachi, Pakistan, 6 Oktober 2022 (Foto: Kemenlu)

(Vibizmedia – Karachi, Pakistan) Delegasi yang membawa bantuan kemanusiaan dan obat-obatan dengan berat total 32 ton dari Pemerintah Indonesia untuk korban banjir di Pakistan telah mendarat  di Bandara Internasional Jinnah Karachi pukul 09.35 waktu setempat (06/10/2022). Ini adalah penerbangan yang ketiga yang dikirimkan pemerintah Indonesia.

Zaherman Muabesi, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, adalah pemimpin delegasi tersebut, didampingi perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri, Badan Perencanaan Nasional, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Delegasi ini disertai Tim Medis yang terdiri dari 29 dokter umum, dokter anak, spesialis penyakit kulit, dan paramedis. Tim medis tersebut berasal dari berbagai latar belakang, kolaborasi dari komponen lembaga meliputi: Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, serta relawan dari Universitas Andalas dan Muhammadiyah.

Tim medis dikerahkan sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo, menyusul pengiriman 90 ton bantuan logistik yang telah tiba di Karachi pada (27/09/2022) untuk membantu rakyat Pakistan yang dilanda banjir terparah dalam sejarah Pakistan.

Pemerintah Indonesia juga sedang dalam proses pencairan dana hibah kemanusiaan sebesar USD 1 juta kepada pemerintah Pakistan.

bantuan kemanusiaan Karachi Pakistan
Delegasi dari Indonesia berfoto bersama setiba di Karachi, Pakistan (Foto:Kemenlu)

Tim Medis Indonesia akan ditempatkan di beberapa daerah terdampak di Provinsi Sindh, dengan koordinasi bersama National Disaster Management Authority (NDMA) dan Dinas Kesehatan Provinsi Sindh.

Tim Medis yang dikirim ke Pakistan merupakan yang terbesar yang pernah dikirim Indonesia ke negara-negara lain dalam menangani bencana alam. Tim kesehatan ini akan melaksanakan tugas kemanusiaan selama satu bulan.

Baca juga:

Pemerintah Indonesia Berikan Bantuan Kemanusiaan USD 1 Juta ke Bencana di Pakistan