20 Perusahaan Mamin Indonesia Ikut SIAL Paris 2022

0
139
Produk UMKM
Ilustrasi produk makanan. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Nasional) Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan pihaknya menfasilitasi promosi produk-produk makanan minuman (mamin) berkualitas ke pasar mancanegara dengan membawa 20 perusahaan industri mamin berpartisipasi dalam pameran Salon Internasional del l’Alimentation (SIAL) Paris 2022.

Sebagai informasi, SIAL Paris diselenggarakan di the Parc des expositions de Paris-Nord Villepinte pada tanggal 15-19 Oktober 2022 dan merupakan salah satu pameran mamin terbesar di dunia. Pada tahun 2018, pameran yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali tersebut total pengunjungnya 155.700 orang yang berasal dari 194 negara. Penyelenggaraan SIAL 2022 ini merupakan yang pertama kalinya sejak pandemi berlangsung.

“Dengan sumber daya alam yang melimpah dan bahan makanan berkualitas tinggi, dikombinasikan dengan investasi yang signifikan dalam teknologi pengolahan makanan dan inovasi produk, sektor mamin merupakan penyumbang terbesar bagi industri pengolahan nonmigas di Indonesia,” jelas Agus Gumiwang dalam keterangannya, pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Menurutnya, pada triwulan II-2022, industri mamin menunjukkan kinerja gemilang dengantumbuh mencapai 3,68% (year on year) dan berkontribusi terhadap PDB industri pengolahan nonmigas sebesar 38,38%. Periode Januari hingga Agustus 2022, ekspor industri mamin mencapai USD31,7 miliar.

“Pada SIAL 2022, Indonesia membangun paviliun seluas 202,5 m². Paviliun Indonesia yang berlokasi di Hall 8 akan diisi oleh 20 perusahaan mamin asal Indonesia yang akan memperoleh berbagai fasilitas sebagai peserta,” terang Agus.

Fasilitas yang akan didapatkan peserta pameran antara lain booth, exhibitor pass, dan e-invitation untuk calon buyer. Selain fasilitas fisik di lokasi pameran, peserta pameran dari Indonesia juga dibekali Workshop Effective Trade Fair Participation sebelum keberangkatan ke SIAL Paris.

”Fasilitas-fasilitas yang didapatkan peserta diharapkan dapat membantu peserta pameran untuk menjaring sebanyak-banyaknya calon buyer dari mancanegara,” kata Agus.

Sementara, Direktur Jenderal Industri Agro Putu Juli Ardika mengungkapkan, partisipasi Kemenperin pada SIAL Paris 2022 ini, selain untuk memperkenalkan industri mamin asal Indonesia ke pasar internasional, keikutsertaan Kemenperin pada SIAL kali ini juga bertujuan untuk mendorong kerja sama dan kesepakatan Business to Business dalam rangka meningkatkan ekspor industri makanan dan minuman.

“Kami berharap kerja sama yang dijalin meliputi technology cold chain serta food ingredients, mengingat sumber bahan baku industri makanan dan minuman Indonesia sangat beragam dan dapat diandalkan,“ jelas Putu.