Kemenhub Raih Anugerah Layanan Investasi 2022 Terbaik

0
80
investasi
Kemenhub) berhasil meraih peringkat terbaik pertama dalam Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022 Foto: Infopublik

(Vibizmedia – Nasional) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berhasil meraih peringkat terbaik pertama dalam Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Investasi/BKPM.

Penilaian dilakukan terhadap kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah, terhadap upaya percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) bagi pelaku usaha nasional maupun asing untuk berinvestasi di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerima penghargaan tersebut, yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin dan Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Wapres meminta kepada para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah untuk segera menuntaskan berbagai masalah kelembagaan dan regulasi yang menghambat investasi, serta memastikan investasi dapat dinikmati seluruh wilayah untuk mencapai kemakmuran bersama.

“Selamat kepada para pemenang penghargaan. Semoga bisa menjadi inspirasi serta acuan K/L dan pemda lain untuk lekas berbenah memberikan layanan investasi yang terbaik,” ucap Wapres.

Menhub menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yakni Presiden dan Wapres yang telah memberikan arahan dan dorongan, serta kepada Menteri Investasi yang konsisten dalam upaya mendorong kemudahan berinvestasi di Indonesia.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kemenhub yang telah mengubah pola pikir sehingga perizinan menjadi lebih cepat dan memberi kepastian bagi para pelaku usaha yang ingin berinvestasi,” tuturnya.

Menhub menjelaskan, iklim investasi di Indonesia saat ini semakin membaik. Salah satunya ditandai dengan banyaknya negara-negara yang berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

“Dengan partisipasi swasta untuk ikut membangun, dana APBN yang ada dapat digunakan untuk membangun infrastruktur transportasi di daerah-daerah yang lebih kecil, yang lebih membutuhkan,” ujarnya.

Kemenhub berkomitmen menyukseskan kemudahan perizinan tanpa meninggalkan risiko terkait aspek keselamatan transportasi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan pelayanan perizinan di lingkungan Kemenhub. Salah satunya dengan mengintegrasikan layanan perizinan yang ada di masing-masing unit kerja melalui Online Single Submission (OSS).

Inilah tujuh sistem aplikasi perizinan yang telah terintegrasi dengan sistem OSS:

  1. Aplikasi Sistem Perizinan Online Angkutan Darat dan Multimoda (SPIONAM),
  2. Aplikasi Informasi dan Registrasi Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Air-SDP),
  3. Angkutan Sewa Khusus (ASK) Online,
  4. Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut (SIMLALA),
  5. E-Licensing,
  6. Sistem Perizinan Terpadu Angkutan Udara (SIPTAU), dan
  7. Izin Sarana KA Umum.