PT Barata Indonesia Kirimkan Komponen Pembangkit Listrik untuk PLTU Jawa 9 dan 10

0
90

(Vibizmedia – Banten) Telah dilakukan pengiriman produk untuk pekerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh PT Barata Indonesia (Persero) yakni komponen pembangkit listrik untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 9 dan 10 ( 2×1.000 MW) yang berlokasi di Banten.

Pada proyek PLTU tersebut, Barata Indonesia mengerjakan komponen utama turbin uap terdiri dari 4 unit Low Pressure Outer Casing dan 2×4 modul Condenser.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10), Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero), Bobby Sumardiat Atmosudirjo menjelaskan,  Pabrik Komponen Turbin Divisi Pembangkit Cilegon telah diberi kesempatan berpartisipasi dalam proyek pembangkit listrik strategis nasional. Penyelesaian pekerjaan ini merupakan pembuktian atas komitmen PT Barata Indonesia  sebagai BUMN Manufaktur dalam menyediakan solusi dan teknologi terintegrasi yang berdaya saing dengan lokal konten yang tinggi.

Lebih lanjut, ia juga menyambut baik kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan nasional untuk mengerjakan komponen pembangkit listrik nasional. Sebab Barata Indonesia terbiasa mengerjakan proyek – proyek untuk pembangkit listrik luar negeri. Oleh sebab itu, Bobby berharap kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan nasional kali ini dapat menular ke proyek – proyek di pembangkit listrik nasonal lainnya.

Dirinya turut mengapresiasi Pabrik Komponen Turbin yang telah konsisten menjadi pusat kompentensi untuk fabrikasi komponen pambangkit listrik berskala besar selama lebih dari dua puluh lima tahun.

Ia menjelaskan, kompetensi PT Barata Indonesia di bidang manufaktur komponen pembangkit tersebut juga dibarengi dengan sertifikasi TKDN untuk produk komponen pembangkit listrik. Baik itu untuk produk LP Inner Casing, LP Outer Casing, Blade Ring hingga Condenser, yaitu  produk – produk yang telah rutin diproduksi dan diekspor ke mancanegara.

Sebelumnya, Barata Indonesia juga berhasil menembus pasar global dengan melakukan ekspor komponen pembangkit listrik ”Smart Energy Center” dengan kapasitas 570 MW milik perusahaan Korea Selatan, SK Hynix yang berlokasi di Cheongju serta Ulsan Gas Fired Combined- Cycle Power Plant – 1.122 MW milik SK Ltd.

Ia menyatakan, dengan portofolio solusi energi yang beragam dan tersebar di berbagai penjuru pembangkitan nasional hingga global, Barata Indonesia siap menjadi mitra  dalam mendorong program pembangunan infrastruktur pembangkit listrik sesuai spirit kami dalam filosofi ‘Your Heavy Manufacturing Partner”.

Baca juga:

Tantangan Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (Geothermal)