Kampanye Gernas Bangga Buatan Indonesia Maluku Utara

0
97

(Vibizmedia – Malut) Ternate, malut.kemenkumham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara (Kanwil Kemenkumham Malut) menghadiri acara puncak kegiatan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia yang dipusatkan di Benteng Orange, Ternate, Kamis, (13/10/2022).

Kepala Bagian Program dan Humas, Irwan Kadir mewakili Kepala Kantor Wilayah (kakanwil) mengikuti puncak acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi selaku campaign manajer yang bekerja sama dengan Pemprov Malut dan Bank Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Samsuddin A Kadir dalam sambutannya menyampaikan bahwa harvesting Gernas Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan di Malut ini merupakan penghargaan sekaligus wujud komitmen dalam mendorong penggunaan produk dalam negeri, khususnya UMKM.

“Momentum ini dapat menjadi bagian dari silang pengalaman. Pertumbuhan Malut melalui dorongan peningkatan penggunaan produk UMKM akan tumbuh lebih baik lagi.” Ucapnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa rasa bangga menggunakan produk dalam negeri terus dilakukan melalui aksi afirmasi pembelian dan pemanfaatan.

“Jadi bukan cuma bangga, tapi juga beli produk-produk dalam negeri. Aksi afirmasi ini dilakukan oleh Kementerian/Lembaga dan pemda dan harus menjadi komitmen bersama dalam kontrak pengadaan barang dan jasa yang tercatat dalam e-contract LKPP.” Tuturnya melalui tayangan video.

Disaat yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan bahwa momentum Gernas Bangga Buatan Indonesia menjadi penyemangat untuk menggerakkan ekonomi rakyat.

Luhut mengungkapkan bahwa kampanye ini menjadi pelajaran bahwa UMKM adalah tulang punggug perekonomian bangsa Indonesia.

“Diperlukan rasa empati dan semangat untuk menjaga stabilitasi ekonomi sosial Indonesia, salah satunya dengan memperkuat UMKM yang ada.” Kata Luhut melalui tayangan video.

Sementara itu, Menteri Desa, PDTT, Halim Iskandar mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus menerus menggunakan dan memanfaatkan produk dalam negeri.

“Di Kemendes, saya haramkan produk selain dari produk selain dari bumdes. Saya jamin tidak akan menemukan lagi apakah itu air, ataupun snack, semuanya produk UMKM.” Jelasnya saat menyampaikan sambutan langsung di Benteng peninggalan kolonial itu.

Rangkaian kegiatan turut ditampilkan dalam memeriahkan acara puncak pada hari ini, diantaranya tarian khas Malut, fashion show dari rumah tenun Puta Dino Kayangan, Tidore, pameran UMKM, hingga penyerahan penghargaan oleh Menteri Desa, PDTT.

Terpantau hadir secara langsung, Walikota Ternate, Walikota Tidore Kepulauan, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Maluku Utara 2022 ini telah dilaksanakan sejak Juli 2022 dan tercatat sekitar 793 Badan Usaha Milik Desa dan pelaku UMKM. (Humas/MI)

(Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi)