Kanwil kemenkumham Kalteng Gelar Media Gathering bersama Insan Pers di Wilayah Kalteng

0
94

(Vibizmedia – Kalteng) Palangka Raya – Kanwil Kemenkumham Kalteng menyuguhkan ruang kepada media massa mitra untuk berdiskusi dengan para pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah guna menciptakan kolaborasi melalui kegiatan Media Gathering dengan Insan Media di Lingkup Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (14/10/2022).

Media Gathering yang digelar pada Jumat pagi setelah Pelaksanaan Senam di cafe inspirasi tersebut menjadi gebrakan baru Kanwil Kemenkumham Kalteng dalam penguatan kemitraan dengan media, mengiringi kegiatan coffee morning yang telah rutin dilaksanakan. Berbagai media massa hadir untuk menyamakan persepsi terkait kebijakan, informasi, dan capaian-capaian Kemenkumham sekaligus menyampaikan usulan, saran, dan kesan selama menjalin kemitraan dengan Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Beberapa media lokal tersebut di antaranya Antara Kalteng, Kalteng Post, Dayak TV, Media Dayak, Kalteng OK, Palangka Ekspress, SCTV dan Tribun Kalteng.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Kantor Wilayah (Hendra Ekaputra) Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Arfan Faiz Muhlizi) Kepala Divisi Administrasi (Nur Azizah Rahmanawati) Kepala Bagian Program dan Humas (Diana Soekowati) Kepala Subbagian Humas RB dan TI (Laila Rahmawaty) serta seluruh staf Kehumasan Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Kakanwil mengemukakan bagaimana kemenkumham Kalteng perlu berkolaborasi dengan media, mengingat kolaborasi Humas Kanwil dan Insan Media merupakan corong kami dalam mempublikasikan setiap layanan yang kami miliki. Hendra menilai media gathering sebagai awal baik yang digagas oleh Kadiv Administrasi, sehingga dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin yang terus berlanjut, bahkan tidak diselenggarakan hanya satu tahun sekali, tetapi lebih intens lagi.

Kadiv Administrasi, Azizzah juga menilai media massa memikul peran penting dalam diseminasi informasi kebijakan, kegiatan, dan capaian Kemenkumham. Oleh karena itu, lanjut Azizah, kegiatan tersebut menjadi momen istimewa untuk mengapresiasi dan mempererat hubungan dengan media mitra kemenkumham.

“Media berkontribusi banyak dalam mempublikasikan layanan serta capaian Kemenkumham dan mensosialisasikan kebijakan kementerian yang dilaksanakan di Masyarakat, sehingga masyarakat melek informasi terkait Layanan Kami yaitu Layanan AHU, Kekayaan Intelektual, Konsultasi dan Bantuan Hukum, Pemasyarakatan dan Keimigrasian, serta Fasilitasi Produk Hukum daerah, serta mempererat hubungan antara Kanwil Kemenkumham dengan mitra media” katanya.

Salah satu perwakilan insan media Antara Kalteng, Rendy mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan media gathering sebagai upaya menjaga harmonisasi dan kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Kalteng dengan media.

“Bagaimana pun program ini bukan sekadar urusan komunikasi dan silaturahmi, melainkan ada hal penting, yaitu kalau kita sudah saling kenal, komunikasi, dan silaturahmi, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dijaga kontinyuitasnya, kemudian target hubungan mutualisme media dengan instansi pun bisa dicapai.” Ungkapnya.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Arfan Faiz Muhlizi juga menambahkan dengan menjelaskan sedikit rencana kegiatan besar yang juga akan dilaksanakan dalam waktu dekat di lingkungan Kanwil kemenkumham Kalteng yaitu Sosialisasi RKUHP yang bertajuk “Kumham Goes To Campus” yang dilaksanakan di Universitas Palangka Raya dengan Narasumber Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, S.H., M.Hum. Dimana RKUHP ini merupakan semangat perubahan terhadap KUHP yang telah dimulai sejak lama, dan KUHP yang ada saat ini merupakan warisan Kolonial belanda sehingga perlu dilakukan perubahan, disisi lain dinamika perkembangan masyarakat saat ini mengalami perkembangan luar biasa sehingga diperlukan berbagai perubahan termasuk KUHP yang ada saat ini untuk menyesuaikan perkembangan dinamika tersebut.

RKUHP yang disusun saat ini merupakan produk nasional yang disusun dengan menyesuaikan perkembangan dinamika yang terjadi dimaksyarakat, sehingga diharapkan melalui Dialog Publik RKUHP yang dilaksanakan saat ini dapat membukan wawasan pengertian maupun pemahaman terhadap berbagai isu krusial yang berkembang di masyarakat. Melalui Dialog Publik ini diharapkan informasi terhadap penyusunan RKUHP dapat tersampaikan kepada masyarakat. (Red-dok, Holik, Okt 2022).

Sumber : Humas Kanwil Kmenekumham Kalteng